Search
Back Back to Blog

Simak Penjelasan Mengapa Televisi Berdampak Positif di Bidang Pendidikan - Duta Raya Makmur

01 August 2024
Simak Penjelasan Mengapa Televisi Berdampak Positif di Bidang Pendidikan - Duta Raya Makmur

Salah satu fungsi televisi adalah sebagai media penyebar edukasi dan informasi kepada khalayak umum terutama anak sekolah. Tak dipungkiri, banyak anak-anak yang semakin pintar dan berwawasan setelah menonton TV. Secara tidak langsung, dampak positif televisi semakin signifikan. Lantas mengapa televisi berdampak positif di bidang pendidikan? Simak penjelasannya berikut ini!

Mengapa Televisi Berdampak Positif di Bidang Pendidikan?


Banyak program atau acara TV edukatif yang bertebaran di setiap kanal. Tak jarang, konten tersebut dikemas secara menarik dan menyenangkan sesuai dengan tema dan konsep yang ia bawakan. Hal ini tentunya berdampak positif terhadap kemajuan belajar anak. 

Untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, yuk simak 5 dampak positif televisi bagi anak yang perlu Anda ketahui. 

Meningkatkan Minat Belajar

Televisi-Meningkatkan-Minat-Belajar

Alasan pertama mengapa televisi berdampak positif di bidang pendidikan adalah menjangkau audiens dari berbagai penjuru, sehingga konten-konten edukatif tersebut bisa meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Apabila hal ini berlangsung secara terus-menerus maka bisa meningkatkan minat belajar siswa terhadap ilmu pengetahuan umum. 

Anak yang semula tidak mau belajar lambat laun akan rajin belajar asalkan konten yang dipilih baik dan harus di bawah pengawasan orang tua.

Memperluas Pengetahuan Umum atau Wawasan


Informasi yang dimuat di televisi tidak hanya sebatas budaya maupun geografis nasional. Media audiovisual ini bisa menyiarkan informasi pendidikan dari berbagai belahan dunia. 

Nah, ruang lingkup penayangan televisi yang luas tersebut akan memberikan anak berbagai wawasan, ide, dan sudut pandang yang berbeda. Itulah mengapa televisi berdampak positif di bidang pendidikan.

Sarana Pendidikan Tambahan

Televisi-Sebagai-Sarana-Pendidikan-Tambahan

Tahukan Anda jika konten edukatif yang ditayangkan di televisi mayoritas tidak ditemukan di bangku sekolah? Yap, karena konten tersebut menjadi wawasan tambahan di samping pengetahuan di pendidikan formal. Informasi yang dikemas dengan baik secara audio dan visual akan mudah dipahami oleh audiens terutama anak-anak.

Baca Juga : Televisi: Sejarah, Pengertian & Fungsinya

Nah, demikianlah penjelasan mengapa televisi berdampak positif di bidang pendidikan. Peran televisi sangatlah penting terhadap kemajuan minat dan motivasi siswa untuk belajar. Mengingat penyampaian informasi hanya bersifat pasif atau satu arah maka anak cenderung kurang aktif dan cepat bosan.

Untuk mengatasi demotivasi tersebut, sudah selayaknya ganti mtode pembelajaran dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Salah satu terobosan baru dalam memajukan pendidikan adalah menggunakan IFP (Interactive Flat Panel) dari Maxhub. 

Dengan menggunakan alat ini, maka siswa semakin lebih antusias dan semangat karena fitur-fitur pendukung yang bisa Anda pilih di Maxhub Education. Untuk pemesanannya, Anda bisa melakukannya di Duta Raya Makmur.

Duta Raya Makmur, sebagai authorized dealer, kami berkomitmen penuh terhadap pelayanan terbaik demi kepuasan konsumen. Jadikan Duta Raya Makmur sebagai partner kerja terbaik demi kelancaran acara Anda. 

 

Share This Article
Contact Us Contact Us Whatsapp Us