Search
Back Back to Blog

Jurusan Multimedia: Definisi, Keahlian & Prospek Kerja yang Potensial - Duta Raya Makmur

14 August 2024
Jurusan Multimedia: Definisi, Keahlian & Prospek Kerja yang Potensial - Duta Raya Makmur

Siapa yang tidak kenal multimedia? Jurusan multimedia adalah jurusan yang cukup diminati sebagian besar siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Mengapa demikian? karena lingkup pekerjaannya strategis dan menjanjikan di masa depan. 

Selain itu, ia juga memberikan peluang yang besar bagi lulusan untuk bekerja di bidang multimedia, desain, maupun berwirausaha sendiri. Nah, untuk bisa berhasil di bidang ini tentunya tidak mudah dan membutuhkan ketekunan yang luar biasa. Mau tau lebih jauh tentang jurusan multimedia? Simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Multimedia?

Jurusan multimedia adalah jurusan yang mempelajari pengeoperasian komputer dalam menyajikan berbagai data dalam bentuk suara, teks, gambar, animasi, dan video. Dengan kata lain, jurusan ini masih memanfaatkan penggunaan teknologi untuk memproduksi konten-konten multimedia semenarik mungkin. 

Tentu saja, untuk membuat konten-konten konten kreatif, ia membutuhkan tools-tools pengeditan konten seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, Adobe After Effect, Freehand, dan lain-lain. 

Secara garis besar, jurusan multimedia terbagi menjadi dua antara lain multimedia interaktif dan linear. Jurusan multimedia interaktif merupakan multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dimana pengguna atau user bisa menggunakanya dengan baik. Sementara itu, multimedia interaktif merupakan multimedia yang beroperasi tanpa adanya alat pengontrol, contohnya adalah televisi dan film.

Pengetahuan dan Keahlian

Adapun pengetahuan dan keahlian yang setidaknya harus Anda kuasai jika ingin memasuki jurusan ini, antara lain:

1. Keterampilan mengoperasikan perangkat lunak (software) gambar.

2. Keterampilan menggambar.

3. Kemampuan berpikir secara kreatif dan terstruktur.

4. Kemampuan imajinasi

5. Kemampuan memecahkan sebuah masalah

6. Bekerja sama dalam tim

7. Memahami komposisi warna dan artistik

Dunia Perkuliahan 

Apabila Anda benar-benar ingin menekuni bidang ini, berarti Anda harus siap mengasah kemampuan komputer, kreativitas, dan selalu update terhadap perkembangan teknologi. Umumnya, mata kuliah yang dipelajari di jurusan multimedia adalah berorientasi pada kepuasan pengguna atau user.

Dengan cara membuat konten multimedia yang dibutuhkan oleh mereka, maka goals bisa tercapai. Sebagian besar, mata perkuliahan yang dipelajari jurusan multimedia adalah teknologi dan media komunikasi. Anak jurusan ini secara tidak langsung dituntut memiliki pemikiran kreatif untuk memecahkan masalah. 

Selain itu, mereka juga harus peka terhadap isu-isu sosial dan permasalahan sekitar. Hal ini karena sedikit banyak karya-karya yang mereka buat berkaitan dengan hal tersebut. Biasanya, karya tersebut dibuat dalam berbagai bentuk gambar, ilustrasi, video, dan sebagainya.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Ini?

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa harus memilih jurusan ini. Mengingat ketrampilan dan kemampuannya yang dibutuhkan di dunia kerja saat ini, tentunya bukan tanpa alasan banyak orang yang minat dengan jurusan ini.

Belajar ilmu ini berarti anak jurusan ini harus siap menghadapi perkembangan teknologi yang berubah-ubah sesuai dengan perkembangan zaman. Selanjutnya, ia juga dituntut untuk berpikir kreatif dalam menghasilkan karya atau konten multimedia.

Prospek Kerja Jurusan Multimedia

Bekerja di bidang kreatif adalah sesuatu yang menyenangkan, terutama jika Anda menekuni bidang ini. Pasalnya, jiwa kreativitas Anda akan terasah dengan baik di sini setiap hari. Nah, berikut adalah prospek kerja jurusan multimedia yang harus Anda ketahui, antara lain:

1. Graphic Designer

Graphic designer atau desainer grafis merupakan sebuah profesi yang bertanggung jawab dalam menciptakan desain untuk keperluan publikasi. Keperluan publikasi yang dimaksud seperti media cetak, poster, website, product package dan identitas visual sebuah perusahaan.

Bekerja sebagai seorang graphic designer berarti Anda harus mengeluarkan ide-ide kreatif untuk desain konten sesuai dengan brand guideline. Tak hanya itu, kemampuan manajemen waktu dan bekerja dengan cepat sangat diperlukan di sini.

2. Illustrator/ Animator

Untuk bisa menjadi seorang ilustrator yang handal, berarti setidaknya Anda membutuhkan daya imajinasi yang tinggi. Bekerja di jurusan ini berarti Anda harus pintar dalam menggabungkan seni, desain, dan kreativitas untuk menghasilkan gambar visual yang menarik.

Sementara itu sebagai seorang animator, Anda akan berkecimpung dalam pembuatan animasi baik dalam bentuk 2 dimensi (2D) maupun 3 dimensi (3D).

3. Game Modeler

Jika Anda memiliki bakat di bidang kreatif dan passionate terhadap perkembangan game, maka jurusan multimedia adalah jurusan yang tepat. Tugas seorang game modeler adalah membuat konsep permainan dan  layout, serta mewujudkannya dalam sebuah game.

4. Web Designer

Untuk bekerja di posisi web designer, berarti Anda harus memiliki kemampuan desain dan programming. Selain itu, ia bertanggung jawab dalam memperbarui konten dan desain website. 

Demikianlah pembahasan mengenai jurusan multimedia. Mengingat jurusan ini bertanggung jawab terhadap konten-konten visual, maka perlu adanya alat pendukung dalam menyampaikan pesan terhadap audiens. Supaya pesan tersampaikan dengan baik, sebaiknya gunakan media visual yang mumpuni.

Kabar baiknya, Duta Raya Makmur menyediakan media visual LED videotron untuk mensukseskan acara Anda. Kami menyediakan jasa penyewaan dan pengadaan perangkat audio dan visual.

Sebagai authorized dealer brand terkemuka, kami memastikan bahwa barang yang kami sediakan berkualitas baik. Kami berkomitmen penuh terhadap kepuasan pelanggan, kami yakin bahwa kepuasan Anda adalah hal berharga bagi kami. 

Jadikan Duta Raya Makmur sebagai partner kerja terbaik Anda di masa sekarang dan masa mendatang!

Share This Article
Contact Us Contact Us Whatsapp Us