Search
Back Back to Blog

Jenis-Jenis Suara Manusia yang Perlu Anda Ketahui!

14 August 2024
Jenis-Jenis Suara Manusia yang Perlu Anda Ketahui!

Pernahkah Anda mendengar paduan suara bernyanyi? Suara yang bagus nan indah tersebut menjadi harmoni karena mereka memiliki perbedaan suara yang siginifikan. Di dalam paduan suara tentunya ada sekelompok penyanyi yang menyanyikan nada tinggi. Ada pula, kelompok lainnya yang hanya bisa menjangkau nada rendah saja. 

Meskipun mereka memiliki karakteristik suara yang berbeda, namun mereka bisa membentuk suatu kesatuan suara yang harmoni dan selaras. Nah, apa saja jenis suara manusia yang perlu Anda ketahui. Simak penjelasannya berikut ini!

Jenis-Jenis Suara Manusia

Secara umum, jenis suara manusia terbagi menjadi dua, yakni jenis suara wanita dan pria. Tentunya, suara yang dihasilkan juga berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pita suara, range vocal, dan lain-lain.

Jenis Suara Wanita

Suara manusia terutama wanita memiliki jangkauan nada yang berbeda. Hal ini karena mereka mempunyai karakter dan keunikan suara masing-masing. Secara umum, jenis suara wanita terbagi menjadi tiga, yaitu alto, mezzo-sopran, dan sporan.

1. Alto

Jenis suara manusia pertama adalah alto. Suara jenis ini juga dikenal dengan sebutan contralto. Alto merupakan jenis suara yang paling rendah pada suara perempuan. Para wanita yang mempunyai suara ini berada di antara nada F yang dimana nada ini berada di bawah middle C hingga nada D.

Nah, cara untuk menemukan jenis suara adalah dengan menggunakan piano. Untuk melakukannya, coba temukan nada middle C dan geser tangan ke arah kiri sampai menemukan nada F. 

Lalu, cara yang kedua adalah dengan meletakkan tanganmu di middle C sampai bertemu dengan nada D. Lakukan dengan seksama supaya Anda bisa menemukan range vocal yang tepat.  Adapun penyanyi Indonesia yang mempunyai tipe suara Alto seperti Ruth Sahanaya, Fatin Shidqia Contoh penyanyi alto Indonesia yang punya tipe suara ini adalah Fatin Shidqia Lubis, Ruth Sahanaya, dan Krisdayanti.

2. Mezzo-Sopran

Nah,kalau mezzo-sopran adalah level suara yang lebih tinggi daripada alto. Mezzo berasal dari bahasa Italia yang memiliki arti tengah. Seorang wanita atau penyanyi yang mempunyai suara tipe ini bisa menjangkau A3 sampai A5 atau dua oktaf lebih tinggi.

Adapun penyanyi yang mempunyai range vokal yang lebih luas antara C3 sampai C6, sehingga ia memiliki oktaf tiga kali lebih tinggi. Tentunya untuk mendapatkan range vocal selevel ini dibutuhkan ketekunan dalam berlatih vokal. Contoh  penyanyi yang mempunyai tipe suara mezzo-sopran adalah Pinkan Mambo dan Agnezmo.

3. Sopran

Terakhir, jenis suara manusia adalah sopran. Kata sopran dalam bahasa Latin adalah “Superius” yang berarti paling tinggi. Jenis suara wanita sopran adalah suara berhasil menjangkau nada antara C4 sampai G5.

Suara yang keluar dari kelompok wanita ini cenderung melengking. Contoh penyanyi yang mempunyai tipe suara sopran adalah Aning Katamsi dan Soimah. 

Jenis Suara Pria


Selain suara wanita, suara pria juga dibedakan berdasarkan range vocal menjadi tiga, antara lain: 

1. Bass

Suara bass adalah suara terendah untuk kelompok pria. Kebanyakan, pria dengan karakteristik suara ini bisa menjangkau nada antara E2 hingga E4. Untuk beberapa Jenis suara bass ini memiliki register nada di antara dua nada E dan di bawah middle C.

Dalam dunia paduan suara, jenis niada ini dituliskan dengan bass clef atau kunci F. Suara bass terendah ini mencapai nada C2 atau dua nada C di bawah middle C. 

2. Bariton

Jenis suara manusia selanjutnya adalah bariton. Suara bariton memiliki range vocal antara A2 hingga F4, atau bisa dimulai dari G2 sampai G4. Sama seperti suara wanita, untuk mengetahui register suara seorang pria adalah menggunakan piano.

Apabila seorang pria tidak bisa mencapai nada tertinggi dan tidak bisa menyanyikan nada yang terendah atau bass, maka bisa dipastikan ia memiliki suara Baritone. Contoh penyanyi pria Indonesia yang memiliki suara ini adalah Sammy Simorangkir dan Frank Sinatra.

3. Tenor

Terakhir, jenis suara manusia yang tidak boleh ditinggalkan adalah tenor. Suara tenor pria ini mencakup range nada C3 sampai C5. Pria yang memiliki tipe suara ini mempunyai range nada yang tinggi, sehingga mudah untuk  menggunakan teknik head voice atau falsetto. Dalam paduan suara, ia dipercaya sebagai leading voice karena suaranya yang tinggi.

Contoh penyanyi dunia yang bersuara tenor adalah Freddy Mercury dan Bon Jovi. Selain itu, penyanyi Indonesia yang memiliki suara ini adalah Once Mekel dan Ari Lasso.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis suara manusia. Tidak ada karakteris suara yang paling bagus, karena setiap manusia memiliki keunikan dari karakter suaranya masing-masing. 

Nah, apabila Anda ingin berlatih vokal dengan baik, tentunya membutuhkan peralatan yang mendukung seperti sebuah mikrofon. Bagi Anda yang ingin menginginkan pengalaman terbaik dalam bernyanyi, Duta Raya Makmur menyediakan mikrofon dari merk atau brand ternama.

Sebagai perusahaan jasa penyewaan dan pengadaan peralatan audiovisual, kami berkomitmen penuh terhadap kepuasan pelanggan. Jadikan Duta Raya Makmur sebagai partner kerjasama terbaik untuk keberhasilan bisnis dan acara Anda. 

Share This Article
Contact Us Contact Us Whatsapp Us