Ramadan bisa menjadi momen emas bagi bisnis untuk memperkuat brand awareness dan meningkatkan engagement audiens. Salah satu strategi efektif memaksimalkan iklan Ramadan 2025 yaitu dengan memahami tren audiens dan set up kampanye iklan yang relevan dengan nilai-nilai Ramadan.
Melakukan kampanye digital selama Ramadan sedikit berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya, lho. Mengingat perilaku konsumen meningkat menjelang sahur dan berbuka, memaksimalkan iklan di momen-momen ini adalah pilihan yang tepat.
Sebenarnya ada banyak cara untuk memaksimalkan iklan Ramadan, lho. Di dalam artikel ini, kami akan mengajakmu memahami strategi efektif memaksimalkan iklan Ramadan 2025. Simak selengkapnya di sini!
12 Strategi Efektif Memaksimalkan Iklan Ramadan 2025
Berikut adalah strategi efektif memaksimalkan iklan Ramadan 2025, antara lain:
Menawarkan Promo Spesial ke Audiens
Sudahkah kamu menentukan target audiens sesuai dengan customer profiling sebelum memasarkan produk? Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membuat promo menarik untuk mereka.
Kamu bisa membuat beberapa penawaran menarik seperti, diskon khusus, cashback, maupun gratis ongkir untuk jumlah pembelian tertentu.
Mengadakan Program Giveaway
Strategi efektif memaksimalkan iklan Ramadan berikutnya adalah mengadakan giveaway. Cara ini bisa tingkatkan engagement pelanggan baru dan loyal. Contoh hadiah yang bisa kamu tawarkan antara lain, voucher belanja, paket liburan, dan masih banyak lagi.
Menciptakan Produk yang Unik
Di saat Ramadan, audiens seringkali memilih produk unik atau produk yang hanya ada di saat momen Ramadan. Biasanya, audiens akan mencari sesuatu yang berbeda. Contohnya seperti paket takjil atau makanan khas Ramadan. Nah, jika niche bisnis kamu di bidang kuliner, mengembangkan produk-produk bertema Ramadan adalah keputusan terbaik.
Sesekali, Sediakan Paket Bundling
Masih berkaitan dengan promo, menyediakan paket bundling bisa menjadi strategi jitu meningkatkan penjualan selama Ramadan. Sesuai dengan namanya, paket bundling berisi beberapa item yang dibanderol dengan harga lebih sedikit dibawah harga normal.
Sebenarnya tak hanya di bidang kuliner saja, kamu juga menemukan paket bundling di berbagai penjualan produk aksesoris, make-up, pakaian, dan lain-lain.
Memperhatikan Tren Konsumen yang sedang Hype
Sebagai pelaku bisnis, kamu harus fleksibel dan siap dengan perubahan tren konsumen. Mindset untuk terus bertumbuh dan terbuka terhadap perubahan adalah kunci keberlanjutan bisnismu.
Baca Juga: 4 Kelebihan LED Videotron Totem dalam Menampilkan Iklan!
Berkolaborasi dengan Content Creator atau Influencer Lokal
Dunia digital marketing itu dinamis dan mengikuti perkembangan zaman. Strategi efektif untuk memaksimalkan iklan Ramadan salah satunya adalah dengan berkolaborasi dengan influencer lokal.
Influencer lokal mempunyai kemampuan untuk memengaruhi orang lain atau followersnya untuk mengikuti perkataannya. Dengan membangun kerjasama dengan mereka dapat membantumu untuk menjangkau audiens lebih luas.
Strategi Kampanye Menggunakan Social Media
Mengoptimalkan platform social media untuk menjangkau banyak audiens adalah langkah yang tepat. Membuat konten inspiratif yang relevan sesuai dengan tema Ramadan, berpotensi menjangkau pelanggan baru, meningkatkan engagement, dan memperbesar keuntungan.
Mengoptimalkan E-Commerce dan Marketplace
Meskipun sekarang social media menjadi media pencarian yang high demand, namun optimasi organik seperti website dan e-commerce adalah strategi yang tidak boleh dilupakan.
Mengoptimalkan penjualan dengan optimasi website dan e-commerce bisa mendatangkan leads dan sales. Selain itu, menggunakan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Blibli efektif meningkatkan penjualan.
Baca Juga: Iklan Animasi, Cara Efektif Tingkatkan Engagement dengan Visual Kreatif
Lakukan Promosi dengan Tepat Waktu
Mendapatkan keuntungan yang besar tidak hanya menerapkan strategi dan promosi saja, namun juga melakukannya dengan konsisten dan disiplin. Kamu harus melakukan penjadwalan promosi dan mempertimbangkan waktu yang pas untuk menarik perhatian audiens.
Mempertahankan Engagement Pelanggan Setelah Ramadan
Setelah bulan Ramadan berakhir, pastikan untuk mempertahankan keterlibatan audiens dengan baik. Sesekali beri ucapan terimakasih atau tawarkan penawaran khusus kepada pelanggan loyal karena telah setia dengan produkmu.
Beriklan Menggunakan Billboard Digital
Strategi efektif memaksimalkan iklan Ramadan yang tidak boleh dilewatkan adalah menggunakan billboard digital atau LED Videotron. Strategi iklan luar ruangan juga dikenal dengan sebutan DOOH advertising.
Banyak yang belum tahu, jika beriklan luar ruangan memiliki banyak kelebihan untuk bisnis.Beriklan menggunakan LED videotron efektif menarik perhatian audiens secara masif karena media tersebut terletak di spot-spot strategis.
Contoh spot strategis seperti area padat pejalan kaki, perkantoran, dan pusat perbelanjaan. Jadi, jangan lewatkan untuk mendapatkan perhatian audiens dengan billboard digital.
Itulah pembahasan mengenai strategi efektif memaksimalkan iklan Ramadan 2025. Dari poin-poin di atas, kita tahu bahwa salah satu strategi efektif adalah menggunakan billboard digital. Billboard digital menggunakan LED Videotron sebagai media iklan luar ruangan atau DOOH advertising yang efektif. Hal ini karena gambar visual terlihat lebih catchy dan dinamis, sehingga iklan produk menjadi lebih menarik untuk dilihat.
Mengingat media iklan ini bisa menjangkau audiens lebih luas, tentunya ini merupakan kesempatan untuk memperkuat brand awareness. Bagaimana? Sudah siap tingkatkan profit dengan beriklan luar ruangan selama Ramadan?
Baca Juga: Intip 5 Manfaat Iklan Luar Ruangan bagi UMKM saat Ramadan
Apa Kamu ingin Menayangkan Konten Iklan di Lokasi Strategis Surabaya? Dapatkan Slot Iklanmu di Billboard Digital by DRM!
Duta Raya Makmur adalah perusahaan pengadaan dan persewaan audio visual yang siap mendukung berbagai promosi, branding produk yang berlokasi di Surabaya. Kami menawarkan jasa slot iklan atau konten digital dengan harga yang terjangkau.
Salah satu program penayangan konten iklan kami, yaitu one day package yang merupakan program penayangan slot iklan atau konten digital yang dibanderol mulai dari 500.000, kamu bisa tayangkan video kamu di spot LED Videotron. Spot tayangan kita strategis karena berada di tengah keramaian kota Surabaya. Beberapa lokasi strategis yang kami tawarkan seperti:
-
Intiland Tower, Jl. Panglima Sudirman No. 101 - Surabaya
Kelebihan: Jalur padat di sore hari, lokasi dekat Mall Tunjungan Plaza, dekat dengan area hotel, daerah perkantoran yang padat, dan salah satu jalan utama di Surabaya. -
Hokky, Jl. Panglima Sudirman No.32 - Surabaya
Kelebihan: Jalur padat di sore hari, lokasi dekat mall Tunjungan Plaza, dekat dengan area hotel, daerah perkantoran yang padat, salah satu jalan utama di Surabaya. -
Resto Nine, Jl. Mayjend Sungkono No. 83 - Surabaya
Kelebihan: Jalur padat di sore hari, lokasi dekat mall Ciputra World, jalur utama menuju pintu tol satelit, daerah perkantoran yang padat, dan dekat dengan area hotel. -
Praxis, Jl. Sono Kembang No. 4-6 - Surabaya
Kelebihan: Jalur padat di sore hari, lokasi dekat mall Tunjungan Plaza, dekat dengan area hotel, dan daerah perkantoran.
Yuk, saatnya tingkatkan visibilitas brand dan buat lebih berkesan dengan billboard digital dari Duta Raya Makmur!