Search
Back Back to Blog

Lagi Ngetrend! Ber-iklan dengan LED Videotron, Simak Pengertian hingga Tipenya - Duta Raya Makmur

25 August 2023
Lagi Ngetrend! Ber-iklan dengan LED Videotron, Simak Pengertian hingga Tipenya - Duta Raya Makmur

LED Videotron adalah salah satu media periklanan dan penyampaian pesan yang semakin marak digunakan. Jika kamu sering berkendara di jalanan kota, kamu pasti pernah melihat setidaknya satu layar besar di pinggir jalan atau dekat pemberhentian lampu lalu lintas.

Layar besar itulah yang biasa disebut sebagai LED Videotron atau digital billboard. Tidak hanya sebagai media periklanan, videotron juga sering digunakan sebagai media visual pada event seperti konser atau seminar. Barangkali kamu belum memahami pengertian, fungsi, kelebihan, hingga tipe LED videotron, berikut adalah penjelasannya:

Pengertian LED Videotron

LED Videotron adalah hasil perkembangan teknologi dari billboard atau banner. Jika billboard konvensional atau print hanya bisa menampilkan gambar, versi digital ini sudah bisa menampilkan video.Sehingga, dapat disimpulkan jika LED Videotron adalah sebuah layar dengan teknologi LED yang dapat menayangkan gambar, video, hingga berbagai konten bergerak lainnya.

Videotron ini tersusun dari beberapa atau banyak panel lampu LED. Lampu-lampu LED inilah yang membuat videotron dapat menampilkan gambar atau video yang menarik.

Seiring perkembangan jaman, teknologi videotron semakin mengalami kemajuan. Kini, beberapa videotron di Amerika, China, hingga Jepang sudah bisa menampilkan gambar atau video tiga dimensi.

 

Fungsi LED Videotron

 

LED Videotron menjadi media periklanan yang semakin digandrungi Perusahaan-perusahaan di Indonesia. Bagaimana tidak? Tampilan yang menarik dan mencolok membuat sebuah iklan dapat menarik perhatian audience lebih banyak.

Fungsi utama LED Videotron adalah menjadi media visual dalam penyampaian informasi atau materi. Dengan tampilan yang terang, membuat LED Videotron dapat terlihat lebih menonjol daripada objek di sekitarnya sehingga menarik banyak perhatian.

LED Videotron dapat digunakan dalam berbagai sektor seperti edukasi, bisnis, hingga pemerintahan. Selain itu, videotron dapat membuat dan meningkatkan pengalaman visual dalam event seperti konser atau seminar.

 

Kelebihan LED Videotron

 

Berikut beberapa kelebihan dan keuntungan mempunyai LED videotron:

1. Pesan Lebih menarik

Videotron dapat menampilkan berbagai pesan, materi, atau konten bergerak seperti video dan infografis. Sehingga pesan yang kamu sampaikan tidak statis, dan menjadi lebih menarik.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Outdoor Advertising of America (OAAA) (2020), LED videotron memiliki persentase yang tinggi dalam membuat orang tertarik untuk melihat dan melakukan sesuatu.

2. Fleksibel Dalam Menayangkan Konten

Kamu tidak perlu repot seperti mengganti atau mencetak pesan yang ditayangkan. Konten yang akan ditayangkan dalam videotron bisa kamu ganti berkali-kali dengan mudah sesuai dengan kebutuhan.

3. Tidak Terpengaruh Cahaya Matahari

LED Videotron dirancang untuk melawan teriknya Cahaya matahari. Kamu tidak perlu khawatir cahaya matahari membuat audience tidak dapat melihat iklan yang kamu tayangkan.

4. Perawatan yang Lebih Mudah

Perawatan LED Videotron lebih mudah dibandingkan media visual lainnya. Layar ini tersusun dari modul atau kabinet, sehingga jika ditemukan kerusakan, yang harus dilakukan hanyalah memeriksa kelistrikan yang terhubung pada cabinet atau modul tersebut saja.

5. Investasi yang Menjanjikan

Last but not least, Jika memiliki videotron sendiri, kamu pun dapat menyewakan slot tayang atau videotronmu kepada pihak lain. Tentu kamu bisa mendapatkan uang dengan nominal yang tidak sedikit dengan cara itu.

 

Tipe Videotron

 

Videotron memiliki berbagai macam tipe dan spesifikasi. Secara garis besar terdapat dua tipe, yaitu indoor dan outdoor:

1. Indoor

Biasanya tipe indoor memiliki pitch dan brightness yang lebih kecil, sehingga nyaman dilihat dalam jarak yang relatif dekat.

2. Outdoor

LED Videotron tipe outdoor memiliki brightness dan Ingress Protection yang relatif tinggi, karena dirancang untuk menghadapi medan yang keras serta teriknya cahaya matahari.

 

Pitch Videotron

Selain tipe, terdapat istilah pitch dalam LED Videotron. Pitch adalah jarak renggang setiap lampu LED pada permukaan modul videotron. Pitch mempengaruhi jarak pandang  minimal videotron, dimana satu milimeter pitch mempengaruhi jarak pandang kurang lebih sejauh satu meter.

Contohnya, videotron dengan pitch 4 mm dapat dinikmati secara optimal dengan jarak pandang kurang lebih 4 meter. Sedangkan videotron dengan pitch 8 mm dapat dinikmati secara optimal dengan jarak pandang kurang lebih 8 meter. Karena itu, pitch videotron harus disesuaikan dengan penggunaan..

Sekian artikel “Videotron adalah, Simak Pengertian, Fungsi, Kelebihan, hingga Tipenya”. ***

Share This Article
Contact Us Contact Us Whatsapp Us