Search
Back Back to Blog

LED Adalah Lampu yang Memiliki Banyak Kegunaan. Cek di Sini! - Duta Raya Makmur

06 August 2024
LED Adalah Lampu yang Memiliki Banyak Kegunaan. Cek di Sini! - Duta Raya Makmur

Pada pembahasan sebelumnya, kita membahas tentang teknologi LCD beserta jenis-jenisnya. Namun seiring dengan perkembangan zaman, riset dan perkembangan di bidang elektronik semakin canggih. Banyak ditemukan beberapa teknologi baru, salah satunya adalah LED. 

Apa itu LED? Untuk tahu lebih detail, yuk  simak pembahasannya mengenai pengertian, fungsi, dan jenis-jenis LED di sini!

Pengertian LED


Secara umum, LED adalah sebuah lampu-lampu berukuran kecil yang berfungsi sebagai penanda. Dalam pengertian lain, LED adalah sebuah lampu yang terbuat dari bahan dioda semikonduktor yang dapat mengeluarkan cahaya apabila dialiri arus listrik. 

Selanjutnya, struktur LED ini memiliki pola sambungan P-N (Positif-Negatif). Nah, untuk memancarkan cahaya , ia menggunakan doping berbahan galium, arsenik, dan fosfor sehingga cahaya yang dihasilkan bisa berwarna. 

Jika dilihat dari bentuknya, ia mempunyai bentuk yang mirip dengan bohlam lampu dengan ukuran lebih kecil.

Tak hanya itu, cahaya lampu yang dihasilkan pun ada beragam. Penggunaan LED pada perangkat tertentu bisa digunakan untuk mengeluarkan sinar inframerah yang berfungsi untuk mendeteksi suatu objek.

Jenis-Jenis LED


Penggunaan LED saat ini semakin semarak karena dinilai lebih efisien dalam penggunaan daya listrik. Berikut adalah jenis-jenis LED yang perlu Anda ketahui.

1. Bicolor LED


Sesuai dengan namanya, bicolor LED adalah sebuah lampu yang bisa memancarkan cahaya lebih dari satu warna. Kelebihan lampu ini terletak pada kegunaannya sebagai indikator atau penanda. Lampu LED ini menyala secara bergantian atau bersamaan, sehingga cocok digunakan sebagai sinyal, speedometer, dan mainan anak-anak.

2. Super Flux LED


Pernahkan Anda melihat lampu mobil yang bercahaya terang saat di malam hari? Bahkan dari jarak jauh masih terlihat terang dan jelas? Nah, jenis lampu yang terdapat di komponen lampu mobil ini biasanya menggunakan Super Flux LED. Berdasarkan spesifikasinya, Super Flux LED ini berbentuk kecil, namun bisa menghasilkan cahaya yang sangat terang.

3. Surface Mount Device LED


Surface Mount Device atau SMD LED adalah lampu yang mempunyai bentuk persegi panjang dan nirkabel. Ukurannya yang kecil sehingga cocok digunakan untuk perangkat elektronik domestik seperti senter dan lampu hias. Tak hanya itu, SMD juga cocok sebagai lampu emergency kendaraan. 

4. Miniature LED 


Jenis-jenis lampu LED selanjutnya adalah miniature LED. Lampu LED ini bisa Anda temukan pada lampu hiasan di tepi jalan dan tersedia beberapa macam warna. Fungsi lampu LED ini adalah sebagai penerangan yang tidak terlalu kuat dan indikator.

5. Chip On Board LED (COB)


Jenis lampu LED selanjutnya adalah Chip On Board. Ia merupakan jenis lampu LED yang bisa menyala lebih terang dengan intensitas cahaya yang cukup tinggi. Selain itu, performa lampu ini terbilang handal karena mampu menyala secara merata dan stabil. Lampu COB adalah hasil pengembangan dari lampu LED Surface Mount Device (SMD). Namun, kualitasnya lebih baik dari SMD.

6. High Power LED


Sesuai dengan namanya, high power LED ini mempunyai kemampuan yang handal dalam memunculkan cahaya dengan intensitas tinggi. Namun, kelemahannya adalah lampu LED ini lebih cepat panas daripada lampu LED lainnya.

Cara Kerja LED


Jenis-jenis lampu LED adalah beragam. Namun, masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda berdasarkan kebutuhannya. Baik dalam dunia otomotif dan elektronik, lampu ini tidak bisa dipisahkan dari pembuatan perangkat.

Prinsip atau cara kerja LED hampir sama dengan Katoda, namun ia hanya memancarkan cahaya apabila tegangan listrik maju dari Anoda menuju Katoda. Berdasarkan cara pembuatannya, lampu ini terbuat melalui proses doping atau menambahkan impurity sehingga bisa menghasilkan karakteristik listrik yang diinginkan.

Jadi, ketika LED dialiri oleh listrik, maka kelebihan elektron pada bagian N akan berpindah ke bagian material positif melalui sebuah hole (lubang). Sehingga, ia akan melepaskan photon dan menghasilkan cahaya monokromatik.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai pengertian, jenis beserta cara kerja LED yang perlu Anda ketahui. Mengingat fungsinya sebagai alat penghasil cahaya, tak jarang ia juga banyak digunakan pada berbagai perangkat elektronik seperti TV LED, LED videotron, signage dan media visual lainnya. 

Berbicara mengenai jasa penyewaan dan pengadaan media audio dan visual, Duta Raya Makmur menyediakan berbagai macam merk atau brand terkemuka yang bisa Anda dapatkan di sini. 

Kami, sebagai authorized dealer, berkomitmen penuh terhadap kualitas produk yang kami sediakan untuk kelancaran acara Anda. Jadikan Duta Raya Makmur sebagai partner kerjasama terbaik di hari ini dan masa mendatang.

Share This Article
Contact Us Contact Us Whatsapp Us