Perkembangan teknologi bergerak cepat, salah satu inovasi teknologi yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari adalah digital signage. Apa yang dimaksud dengan digital signage display? Digital signage adalah layar elektronik yang bisa memuat banyak informasi untuk berbagai keperluan komersial maupun publik.
Di dalam artikel ini, kita akan mengajak Anda mengenal lebih dalam apa itu digital signage, fungsi, dan penerapannya dalam berbagai lini bisnis. Yuk, simak selengkapnya di sini!
Apa Itu Digital Signage Display?
Apa itu digital signage? Digital signage adalah media komunikasi dan informasi yang bisa menampilkan konten multimedia seperti teks, video, grafik, gambar, animasi, dan lainnya secara dinamis dan fleksibel.
Berdasarkan fisiknya, digital signage terlihat menyerupai TV. Namun ia memiliki sejumlah perbedaan. Konten digital signage bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis seperti menu restoran, iklan, informasi jadwal, dan sebagainya.
Selain itu, media komunikasi ini dirancang untuk penggunaan seharian penuh (24/7) dan tahan tinggi. Beberapa tipe digital signage lainnya didukung oleh fitur touchscreen yang memudahkan audiens dalam memilih berbagai menu makanan atau fasilitas yang ditawarkan..
Lain halnya dengan TV. Konten TV disediakan oleh stasiun TV dan terbatas pada siaran tertentu. Selain itu, penggunaannya untuk hiburan rumah dan bukan untuk kebutuhan bisnis.
Baca Juga: Televisi: Sejarah, Pengertian & Fungsinya
Fungsi Digital Signage
Berikut adalah beberapa fungsi digital signage yang perlu Anda ketahui, antara lain:
1. Media Informasi dan Komunikasi
Fungsi digital signage yang pertama adalah sebagai media informasi dan komunikasi. Beberapa tempat umum seperti pusat perbelanjaan, terminal, bandara, stasiun kereta, pusat perkantoran menggunakan media tersebut untuk menampilkan informasi tertentu.
Beberapa informasi tersebut meliputi pengumuman jadwal, informasi jam pemberangkatan, dan sebagainya.
2. Media Promosi dan Iklan
Selain menjadi media komunikasi, digital signage dimanfaatkan untuk mengiklankan produk dan layanan dengan dinamis. Perangkat ini secara fisik lebih dekat dengan target audiens, sehingga memungkinkan ia terpapar pesan iklan dengan tetap sasaran.
3. Meningkatkan Branding dan Engagement Audiens
Seperti penjelasan di atas, digital signage berfungsi untuk meningkatkan brand awareness sebuah produk. Selain LED videotron, digital signage juga efektif dalam menarik keterlibatan audiens lebih dalam. Terlebih lagi, jika konten yang ditampilkan menarik, dinamis, dan sesuai dengan karakteristik brand tersebut.
Baca Juga: Iklan Animasi, Cara Efektif Tingkatkan Engagement dengan Visual Kreatif
4. Papan Menu Digital
Nah, jika Anda biasa berkunjung ke restoran cepat saji, tentu saja Anda tidak asing lagi dengan papan digital di atas kasir. Menu bergerak dan bisa berganti setiap waktu itulah yang dinamakan digital signage.
Mengingat digital signage memiliki fleksibilitas yang tinggi. Ia bisa dimanfaatkan sebagai papan digital untuk menampilkan berbagai promo dan menu makanan.
5. Self-Service
Beberapa digital signage juga didesain dengan fitur touchscreen. Biasanya ia dikenal dengan sebutan kiosk. Ia banyak dimanfaatkan untuk berbagai kemudahan seperti pemesanan menu dan check-in hotel secara mandiri.
Biasanya restoran modern yang terbuka dengan teknologi menggunakan digital signage ini untuk melayani pelanggan.
6. Petunjuk Arah
Fungsi digital signage berikutnya adalah sebagai petunjuk arah. Petunjuk arah ini biasanya memudahkan pengunjung menemukah arah ke tempat yang dituju.
Biasanya, perangkat ini bisa Anda jumpai di area publik dan komersial seperti mall, gedung perkantoran, rumah sakit, dan sebagainya.
Jenis-Jenis Digital Signage
Berdasarkan teknologi layarnya, digital signage terbagi menjadi dua jenis yaitu LCD (Liquid Crystal Display) dan LED (Light Emitting Diode). Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing.
Layar LCD
Jenis layar LCD ini memiliki bahan yang ringan dan compact, sehingga lebih banyak digunakan. Selain itu, layar ini memiliki kecerahan yang ideal untuk mendukung penggunaan dalam ruangan (indoor).
Layar LED
Digital signage juga bisa menggunakan teknologi layar LED. Penggunaan teknologi LED adalah pilihan yang ideal ketika Anda ingin beriklan menggunakan digital signage di luar ruangan (outdoor).
Baca Juga: LED Adalah Lampu yang Memiliki Banyak Kegunaan. Cek di Sini! - Duta Raya Makmur
Penggunaan Digital Signage di Berbagai Sektor
Saat itu, penggunaan digital signage sering dipakai di berbagai lini bisnis. Ini menjadi bukti bahwa digital signage menjawab solusi kebutuhan perusahan di berbagai sektor.
Pusat Perbelanjaan
Di pusat perbelanjaan, digital signage sering digunakan untuk menampilkan berbagai promosi, diskon, dan iklan. Selain itu, ia juga fleksibel digunakan untuk petunjuk arah.
Restoran
Digital signage adalah salah satu perangkat yang memiliki permintaan tinggi (high demand) di sektor kuliner. Kehadiran platform visual ini pada restoran akan membantu pelanggan untuk memilih dan memesan berbagai menu makanan.
Area Perkantoran
Lalu lintas orang lewat pada area perkantoran cukup signifikan. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi atau iklan yang relevan dengan kebutuhan pekerja.
Biasanya, untuk menjaga estetika interior dan tidak memakan banyak tempat, pihak pengelola menyediakan digital signage di spot-spot strategis untuk keperluan beriklan.
Rumah Sakit
Beberapa rumah sakit modern sudah mulai aware dengan kemajuan teknologi, sehingga beberapa pelayanan berpindah ke ranah digitalisasi.
Untuk pelayanan di rumah sakit, umumnya ia menggunakan digital signage atau kiosk.
Berinvestasi dengan alat ini adalah keputusan yang tepat karena bisa melayani kebutuhan pengunjung seperti, pendaftaran nomor antrian berobat, melihat jadwal pemeriksaan, dan sebagainya.
Toko Retail
Penggunaan digital signage pada toko retail sudah familiar. Anda bisa menemukannya dengan mudah di berbagai jenis toko retail.
Beberapa toko pecah belah, barang elektronik, kosmetik, bangunan, dan sebagainya menggunakan media komunikasi ini untuk mempromosikan iklan serta meningkatkan branding mereka.
Sekolah
Di sektor pendidikan seperti sekolah, digital signage juga bisa menjadi solusi dan pengganti alternatif majalah dinding (mading). Mengingat zaman sudah memasuki digitalisasi, secara tidak langsung murid diminta untuk lebih kreatif dalam berkarya dan berinovasi.
Digital signage bisa menjadi wadah yang tepat untuk menuangkan ide dan kreativitas siswa. Tak hanya itu saja, ia juga bisa digunakan untuk menampilkan informasi terkait pembelajaran dan sekolah.
Baca Juga: Mengapa Metode Pembelajaran Interaktif Relevan di Era Digital?
Itulah pembahasan lengkap mengenai digital signage. Sekarang, Anda semakin paham bahwa penggunaan digital signage cukup krusial untuk kepentingan komersial maupun publik.
Hasil inovasi dari teknologi ini seakan-akan membawa angin segar untuk menampilkan konten yang lebih fleksibel, dinamis, dan relevan dengan target audiens.
Selain itu, perangkat ini juga memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam berbagai macam konten video dan animasi. Kabar baiknya, Anda bisa mendapatkan digital signage dengan mudah di Duta Raya Makmur.
Nah, apakah Anda tertarik untuk berinvestasi pada digital signage untuk bisnis? Yuk, jangan ragu hubungi dan konsultasikan kebutuhan audiovisual yang tepat bersama kami!