Dalam dunia bisnis Horeka (Hotel, Resto, Kafe), cara memaksimalkan pengalaman pelanggan adalah kunci kesuksesan usaha bisa scale up dan berkembang pesat. Tak peduli seberapa bagus produk atau jasa Anda, tanpa adanya pengalaman yang berkesan, kepuasan pelanggan bisa jadi menurun.
Dalam Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (Yuliana dan Purnama, 2021), kepuasan pelanggan meningkatkan potensi loyalitas pelanggan di masa mendatang. Oleh karena itu, setiap pemilik bisnis Horeka seharusnya memerhatikan pelayanan, fasilitas, dan kualitas produk agar pengalaman pelanggan menjadi lebih positif.
Berikut adalah cara memaksimalkan pengalaman pelanggan supaya pelanggan menjadi semakin loyal, antara lain:
1. Personalisasi Layanan
Cara memaksimalkan pengalaman pelanggan bisnis Horeka yang pertama adalah menerapkan pelayanan personal pada setiap pelanggan. Personalisasi layanan bertujuan untuk membuat pelanggan merasa nyaman dan dimengerti sesuai dengan kebutuhannya.
Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan personalisasi layanan yang perlu Anda ketahui, antara lain:
-
Catat preferensi pelanggan : Sebisa mungkin catat atau kenali setiap preferensi pelanggan, seperti makanan atau minuman favorit, meja yang biasa ia tempati, dan beberapa kebutuhan yang ia perlukan saat mengunjungi usaha Anda.
-
Pelayanan cepat dan responsif : Pelayanan yang cepat dan responsif adalah salah satu hal krusial untuk menjaga mood dan ketertarikan pelanggan untuk menetap lebih lama. Pastikan tim atau pegawai Anda mengerti cara melayani pelanggan dengan baik dan responsif.
-
Customized menu & layanan : Sesekali berikan opsi menu sesuai dengan kesukaan pelanggan. Bisa juga tawarkan rekomendasi menu berdasarkan riwayat pesanan.
-
Loyalty program yang fleksibel : Berikan reward poin yang bisa ditukar dengan beberapa fasilitas menarik seperti bundling coffee, diskon kamar, voucher belanja, atau sebagainya.
Baca Juga: Inilah Rekomendasi Speaker Wharfedale untuk Live Music
2. Bangun Engagement dengan Pelanggan
Membuat bisnis tetap sustain dan berkelanjutan, Anda tidak hanya fokus promosi dan akuisisi pelanggan baru. Namun juga fokus membangun hubungan jangka panjang yang ber-value.
Menjalin hubungan jangka panjang bisa dilakukan dengan melibatkan interaksi personal lebih mendalam. Apabila membangun keterlibatan berjalan sukses, kemungkinan retensi pelanggan di bisnis Horeka semakin meningkat.
3. Perkuat Reputasi Brand
Brand yang kuat tidak hanya ciptakan standar pelayanan dan komunikasi konsisten untuk memuaskan pelanggan. Namun, ia juga membantu membangun trust dan keterikatan emosional.
Identitas brand yang kokoh dan unik akan membuat pengalaman pelanggan berkualitas di tengah persaingan bisnis Horeka yang kompetitif. Alhasil, usaha dengan brand yang solid akan memudahkan terciptanya loyalitas pelanggan, karena ia sudah jadi bagian gaya hidup terhadap nilai-nilai yang diusung oleh brand tersebut.
4. Pelatihan & Pengembangan SDM
Dalam industri Horeka, kualitas pelayanan sangat ditekankan. Terlebih lagi, pelayanan hospitality di hotel dan restoran harus selalu diutamakan, karena pelanggan akan menilai pelayanan tersebut saat pertama kali datang.
Sudah saatnya, Anda mulai memfokuskan perhatian terhadap pelatihan dan pengembangan SDM untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Pelatihan dan pengembangan SDM bisa menjadi langkah cerdas untuk mengetahui kekurangan staf dalam melayani dan mengetahui feedback-feedback yang konstruktif.
5. Memanfaatkan Teknologi Audio Visual
Cara memaksimalkan pengalaman pelanggan yang tidak kalah penting adalah memanfaatkan teknologi audiovisual modern. Memanfaatkan teknologi audiovisual seperti, LED videotron, digital signage, dan kiosk bisa menjadi solusi yang efektif untuk melayani dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Dengan menggunakan teknologi audiovisual yang tepat akan memudahkan pelanggan melihat promo, aneka menu, dan pengumuman penting. Sementara itu, digital signage dan kiosk memungkinkan pelanggan memilih menu secara self-service.
Baca Juga: Suara Premium! Inilah 10 Rekomendasi Speaker Bose Terbaik
Perangkat audiovisual di atas juga membantu ciptakan suasana lebih hidup dan dinamis. Dengan kata lain, teknologi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, namun juga bisa memperkuat pengalaman dan loyalitas pelanggan.
Agar manfaat teknologi audiovisual benar-benar terasa, Anda perlu dukungan mitra yang profesional. Duta Raya Makmur hadir untuk membantu mewujudkan pengalaman pelanggan yang lebih maksimal.
Hubungi Duta Raya Makmur sekarang juga dan wujudkan pengalaman pelanggan yang lebih maksimal untuk bisnis Anda!