Search
Back Back to Blog

Program Loyalitas Pelanggan Restoran Maksimalkan Retensi

11 October 2025
Program Loyalitas Pelanggan Restoran Maksimalkan Retensi

Seperti yang kita ketahui, membangun hubungan dengan pelanggan restoran adalah salah satu kunci menciptakan loyalitas jangka panjang. Beberapa pemilik bisnis sudah mulai aware dan menerapkan strategi program loyalitas pelanggan restoran untuk menjaga bisnisnya tetap berjalan dengan semestinya.

Di dalam artikel ini, kita akan membahas apa saja program loyalitas pelanggan, apa saja contoh loyalitas pelanggan, hingga langkah-langkah membangun loyalitas pelanggan yang efektif dan berkelanjutan.

Apa Itu Program Loyalitas Pelanggan Restoran?


Apa yang dimaksud dengan program loyalitas pelanggan restoran? Program ini merupakan bagian dari sebuah strategi pemasaran yang dibentuk untuk memberikan penawaran khusus kepada pelanggan loyal.

Nah, penawaran khusus yang diberikan oleh pemilik usaha restoran bisa bervariasi seperti, reward, potongan harga, hingga special bundling untuk mempertahankan retensi pengunjung restoran.

Melansir Buku Program Loyalitas Pelanggan (Curatman dkk., 2020), program loyalitas pelanggan biasanya diterapkan sebagai strategi menghadapi persaingan bisnis kuliner yang semakin ketat. Program ini dirancang tidak hanya mempertahankan pelanggan lama, namun juga memaksimalkan value pelayanan yang diberikan kepada mereka.

Di sisi lain, program ini menjadi strategi efektif untuk menciptakan diferensiasi terhadap pesaing dan ciptakan pengalaman pelanggan menjadi lebih personal dan bernilai.

Jenis-Jenis Program Loyalitas Pelanggan Restoran


Membuat program loyalitas pelanggan restoran yang menguntungkan tentunya harus dibuat dengan perencanaan matang. Berikut adalah beberapa contoh program loyalitas pelanggan restoran yang bisa Anda terapkan.

1. Program Loyalitas Berdasarkan Poin


Sistem program ini biasa ditemukan di berbagai jenis usaha termasuk usaha restoran. Program ini dirancang untuk memberikan poin pelanggan sesuai dengan jumlah pembelian yang mereka lakukan.

Kelebihan sistem ini adalah mudah diimplementasikan oleh pelaku bisnis dan dimengerti oleh pelanggan. Namun, Anda perlu mengantisipasi jika terjadi ketidakpuasan pelanggan dalam mendapatkan produk saat mengkonversikan poin tersebut.

2. Program Loyalitas Berdasarkan Item


Sesuai dengan namanya, ide program ini dirancang untuk memberikan pelanggan diskon atau potongan harga setelah membeli beberapa produk tertentu.

Dengan begitu, pelanggan akan terdorong untuk melakukan pembelian lebih banyak. Hal ini terjadi karena ia merasa mendapat banyak keuntungan di setiap transaksi.

Baca Juga: 5 Cara Memaksimalkan Pengalaman Pelanggan Horeka

3. Program Loyalitas Berdasarkan Subscription


Sistem program ini cukup umum digunakan di berbagai sektor. Implementasi program loyalitas ini dilakukan dengan cara memberikan reward pada pelanggan yang sudah berlangganan.

Untuk menerapkan program ini, pastikan bahwa makanan dan pelayanan yang ditawarkan tetap terjaga.

4. Program Loyalitas Berdasarkan Tier (Tingkatan)


Di beberapa restoran, program loyalitas berbasis tier biasa digunakan untuk menjaga retensi pelanggan. Biasanya, pada restoran fine dining, menyediakan berbagai penawaran menarik seperti upgrade atau kenaikan level untuk bisa menikmati berbagai hidangan yang eksklusif.

Contoh penerapan program loyalitas restoran sistem tier adalah dengan menggunakan beberapa level silver, gold, platinum. Masing-masing tingkatan memiliki penawarannya sendiri-sendiri. Semakin tinggi tingkatannya, maka peluang mendapatkan menu eksklusif atau reservasi menjadi lebih mudah.

5. Program Loyalitas Online


Program loyalitas pelanggan restoran selanjutnya adalah online reward. Di sektor Horeka seperti restoran, pemilik usaha setidaknya harus memberikan rewards atau hadiah bagi pelanggan yang makan di tempat atau bawa pulang.

Reward ini bisa diberikan dalam bentuk poin dan dapat ditukar dengan menu gratis atau merchandise eksklusif. Dengan sistem program online, pelanggan dapat dengan mudah menukarkan poin-poin yang didapatkan melalui aplikasi atau situs restoran. 

Program ini juga membantu pemilik usaha mengumpulkan data perilaku pelanggan untuk strategi promosi lebih efektif.

Baca Juga: 5 Cara Mengoptimalkan Digital Signage Horeka Secara Efektif

Manfaat Program Loyalitas Pelanggan Restoran


Program loyalitas restoran selain meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pelanggan ternyata memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Pengumpulan Data Pelanggan: Secara tidak langsung, program loyalitas pelanggan memudahkan tracking pembelian dan pemesanan. Sehingga pemilik usaha bisa tau manakah produk yang paling laku dan preferensi kepuasaan pelanggan.

  • Meningkatkan Customer Live Value (CLV): Program loyalitas pelanggan restoran  bisa meningkatkan CLV Horeka. Semakin tinggi nilai CLV, maka kepuasan konsumen semakin besar.

  • Meningkatkan Komunikasi & Perkuat Brand: Program loyalitas yang dilakukan secara konsisten akan meningkatkan pengalaman dan memperkokoh komunikasi pelanggan. Hal ini akan meningkatkan reputasi brand juga semakin kuat.

  • Meningkatkan Frekuensi Pembelian: Pemilik usaha restoran yang menerapkan program loyalitas akan meningkatkan minat pelanggan terhadap produk. Alhasil, konsumen akan terus melakukan pembelian berikutnya.

Langkah-Langkah Membangun Loyalitas Pelanggan


Untuk menciptakan retensi pelanggan dibutuhkan perencanaan yang strategis dan tepat sasaran. Berikut adalah cara-cara membangun loyalitas pelanggan, antara lain:

1. Tentukan Goals yang Ingin Dicapai


Sebelum memasang program loyalty, sudah menjadi keharusan untuk menentukan dahulu goals apa yang ingin dicapai. Apakah Anda ingin menaikan volume repeat order atau meningkatkan kepuasan pelanggan? Penentuan tujuan akan membantu Anda menyiapkan rencana dan strategi yang tepat untuk program loyalitas pelanggan restoran. 

2. Pilih Jenis Program Loyalitas yang Sesuai 


Oleh karena itu, pilihlah jenis program yang paling sesuai dengan kondisi bisnis dan goals yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Dengan memilih strategi yang tepat, program loyalitas dapat berjalan efektif dan memberikan dampak nyata terhadap peningkatan retensi pelanggan.

3. Tentukan Pilihan Reward


Tentukan pilihan reward atau penawaran yang tepat untuk restoran Anda. Anda bisa menawarkan beberapa preferensi pilihan seperti:

  • Diskon pada minimal pembelian tertentu.

  • Gratis item untuk pelanggan loyal seperti desserts atau minuman gratis.

  • Akses menu eksklusif untuk pelanggan VIP.

  • Penawaran spesial di hari ulang tahun atau anniversary.

4. Integrasikan Program dengan Perangkat dan Aplikasi


Integrasikan program loyalitas pelanggan dengan perangkat dan aplikasi. Integrasikan mereka dengan tepat dan pastikan bahwa pelanggan bisa mengakses dan memantau poin untuk ditukarkan dengan reward melalui sistem operasi atau aplikasi. 

Baca Juga: Sama Tapi Beda! Yuk, Kenali Perbedaan Signage dan Kiosk

Bagaimana Cara Mengukur Kesuksesan Program Loyalitas Pelanggan Restoran?


Melansir bliss.id, mengukur keberhasilan program loyalitas pelanggan restoran bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa metrik, antara lain:

  • Enrollment Rate: Metrik ini akan menunjukkan seberapa banyak pelanggan yang tertarik dan mendaftar ke dalam program loyalty selama periode tertentu.

  • Percentage of Revenue: Persentase ini akan membantu Anda melihat apakah pelanggan yang terdaftar berkontribusi besar terhadap penjualan dibandingkan dengan pelanggan biasa.

  • Customer Live Value: Metrik ini mengukur total estimasi pendapatan yang masuk dari satu pelanggan selama mereka aktif dalam program tersebut. 

  • Net Promoter Score: NPS mengukur seberapa besar kemungkinan pelanggan merekomendasikan restoran kepada orang lain. Nilai NPS yang tinggi menandakan bahwa loyalitas dan kepuasan pelanggan semakin meningkat.

Tingkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Dukungan Audiovisual Profesional


Setelah memahami metrik dan cara mengukur loyalitas pelanggan, langkah berikutnya adalah restoran perlu menerapkan strategi yang membuat pelanggan merasa lebih terhubung.

Salah satunya adalah dengan memfasilitasi restoran dengan dukungan audiovisual profesional. Strategi ini akan tidak hanya memperkuat program loyalitas pelanggan restoran namun juga meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menikmati setiap hidangan yang disantap.

Kini, banyak restoran yang berinvestasi pada perangkat audiovisual seperti, digital signage, sound system, dan LED videotron untuk menampilkan informasi menu, media promosi, atau event khusus. Hal ini dilakukan untuk membuat pelanggan restoran merasa dihargai dan terlibat lebih dalam.

Baca Juga: Suaranya Mantap! 4 Rekomendasi Speaker Wharfedale untuk Background Music

Itulah pembahasan lengkap tentang program loyalitas pelanggan restoran. Nah, bagi Anda yang sedang ingin mengembangkan restoran jadi lebih modern dan menarik? Kabar baiknya, Anda bisa mendapatkan perangkat audiovisual dengan mudah di Duta Raya Makmur.

Duta Raya Makmur adalah perusahaan pengadaan dan persewaan audiovisual profesional yang berlokasi di Barat Surabaya. Sudah lebih dari 20 tahun, kami hadir untuk melayani, memahami dan mendengarkan kebutuhan pelanggan untuk mewujudkan kebutuhan bisnis dan acara. Yuk, saatnya konsultasikan kebutuhan restoran Anda bersama kami di sini!

Share This Article
Contact Us Contact Us Whatsapp Us