Search
Back Back to Blog

Simak Perbedaan Treble dan Bass di Sini. Lengkap! - Duta Raya Makmur

03 August 2024
Simak Perbedaan Treble dan Bass di Sini. Lengkap! - Duta Raya Makmur

Pernahkan Anda berpikir mengapa ada suara tinggi dan rendah? Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah perbedaan frekuensi gelombang bunyi. Semakin besar frekuensi gelombang bunyi, maka semakin tinggi pula nada yang dihasilkan.

Nah di dalam dunia audio, ada yang namanya treble dan bass yang bertugas untuk memproduksi suara dengan frekuensi yang berbeda. Biasanya, tombol atau pengaturan ini terdapat di dalam perangkat amplifier. Lantas apa sih perbedaan treble dan bass?

Pengertian Treble

Treble atau tweeter adalah nada yang mengacu pada frekuensi tinggi, sehingga rentang frekuensi gelombang bunyi yang diterima telinga manusia adalah nada tinggi. Elemen suara ini mencakup suara-suara tinggi. 

Jika dalam studio musik, suara ini bisa dihasilkan dari biola, gitar listrik, maupun simbal. Mengingat output suara yang dihasilkan adalah tinggi dan melengking, sehingga bisa membedakan antara vokal dan suara instrumen.

Treble ini berperan penting dalam menciptakan detail dan nuansa hidup dan dinamis dalam musik.

Baca Juga: Catat! 5 Merk Amplifier Terbaik Untuk Produksi Suara Terbaik

Pengertian Bass

Jika pada pembahasan sebelumnya, kita membahas tentang pengertian tremble atau tweeter. Nah, selanjutnya kita akan membahas tentang bass. Bass merupakan efek suara dengan frekuensi rendah yang di mana range-nya dari 16 sampai 256 Hz. Elemen suara ini dihasilkan dari instrumen seperti double bass, cellos, tuba, dan lain-lain. 

Perbedaan Treble dan Bass


Perbedaan treble dan bass secara mendasar adalah dari rentang frekuensinya. Frekuensi bass adalah sekitar 16-256 Hz atau C0-C4. Dengan kata lain, oktaf yang dihasilkan adalah dari yang paling rendah sampai ke tengah-tengah (middle). Selanjutnya, suara ini pada manusia dihasilkan dari laki-laki dewasa. 

Selanjutnya, rentang frekuensi treble adalah berkisar 2.048 kHz sampai 16.384 kHz atau C7-C10. Suara yang dihasilkan jauh lebih tinggi dan lebih nyaring daripada bass. Pada suara manusia, bagian treble lebih banyak dinyanyikan oleh anak-anak atau wanita dewasa.

Baca Juga : Speaker Adalah Alat Elektronik yang Populer. Yuk Cari Tahu!

Nah, itulah pembahasan mengenai perbedaan treble dan bass yang harus Anda ketahui. Suara treble identik dengan nada dengan frekuensi tinggi dan sebaliknya. Dengan memahaminya seperti itu, Anda lebih mudah membedakan mana suara rendah dan suara tinggi. 

Kedua suara tersebut diatur dalam sebuah alat yang bernama amplifier. Kebenarannya untuk mengatur output suara adalah penting, mengingat kedua elemen suara tersebut memberikan efek yang hidup dalam sebuah musik. Kabar baiknya, bagi Anda yang membutuhkan jasa hiburan yang berkualitas untuk acara musik Anda, Duta Raya Makmur hadir untuk Anda.

Duta Raya Makmur sebagai perusahaan penyewaan dan pengadaan audiovisual berkomitmen penuh pada kelancaran acara Anda. Sebagai authorized dealer, kami selalu menyediakan produk yang berkualitas demi kelancaran acara Anda. Jadikan Duta Raya Makmur sebagai partner kerja terbaik di masa depan. 

Share This Article
Contact Us Contact Us Whatsapp Us