Search
Back Back to Blog

Amplifier adalah Pengatur Karakteristik Suara yang Memiliki Peran Penting! - Duta Raya Makmur

02 August 2024
Amplifier adalah Pengatur Karakteristik Suara yang Memiliki Peran Penting! - Duta Raya Makmur

Salah satu alat elektronik yang tidak boleh dilupakan selain adalah amplifier. Amplifier adalah perangkat yang terdiri atas beberapa komponen yang berfungsi untuk mengatur dan memperkuat output suara.

Amplifier mudah sekali ditemukan di berbagai tempat umum seperti, studio musik, konser, acara seminar, atau event-event tertentu yang membutuhkan kejernihan dan kejelasan suara. Dengan adanya perangkat ini yang mumpuni, output suara yang dihasilkan dari perangkat speaker akan terdengar bagus dan berkualitas. 

Daripada penasaran, mari simak penjelasan lengkap mengenai apa itu amplifier, fungsi, cara kerja, hingga jenis-jenisnya di sini.

Apa Itu Amplifier?


Amplifier sering disebut sebagai perangkat audio yang bertugas sebagai penguat sinyal output suara. Dengan adanya perangkat ini maka elemen-elemen suara bisa disesuaikan dengan karakteristik suara yang diinginkan oleh pengguna.

Selain itu, komponen elektronik ini bertujuan untuk menciptakan suara stereo yang jelas. Dengan adanya perangkat ini, maka sinyal audio dapat diubah menjadi arus listrik sehingga menghasilkan kualitas output suara yang lebih bagus, jernih, dan kuat dari sumber aslinya. 

Fungsi Amplifier


Setelah memahami pengertiannya secara garis besar, berikut adalah fungsi amplifier yang perlu Anda pahami.

Mengatur Karakteristik Suara


Amplifier- Berfungsi-Mengatur-Karakteristik-Suara

Pernahkah Anda mendengar berbagai suara yang berbeda-beda namun ia berasal dari satu sumber suara yang sama? Yap, itulah salah satu fungsi amplifier. Perangkat audio ini mampu untuk meregulasi berbagai karakteristik seperti volume, gain, balance, treble, middle, dan bass yang pada akhirnya membentuk suara sesuai dengan preferensi yang diinginkan.

Mengatur Kebutuhan Suara yang Keluar


Selanjutnya, alat ini bersama dengan perangkat komponen AUX akan menghasilkan suara sesuai dengan apa yang diinginkan pengguna. Dengan adanya modifikasi suara, membuat output audio menjadi beraneka ragam.

Mentransmisi Sinyal


Fungsi alat ini berikutnya adalah untuk mentransmisikan sinyal. Dengan adanya alat ini maka siaran radio bisa berjalan dengan lancar. Di sisi lain, perangkat audio ini bisa menguatkan energi supaya suara bisa  menjangkau tempat yang lebih jauh.

Menguatkan Suara


Amplifier-Menguatkan-Suara

Sama dengan penjelasan sebelumnya, alat berperan dalam mengeraskan dan menguatkan suara. Hal ini terjadi karena sinyal audio ditangkap dan dikonversikan menjadi sinyal listrik sembari ditingkatkan ketegangannya.

Baca Juga: Catat! 5 Merk Amplifier Terbaik Untuk Produksi Suara Maksimal

Jenis-Jenis Amplifier


Jenis-jenis amplifier adalah beragam. Secara umum, ia dibagi menjadi empat antara lain Output Capacitor Less (OCL), Bridge Transformer Less (BTL), Output Transformer (OT), dan Output Transformer Less (OTL).

1. Output Capacitor Less (OCL)


Power amplifier ini berperan sebagai penguat daya amplitudo yang besar. Hal ini karena ia akan dipasangkan dengan catu daya simetris. Karakteristik jenis ini adalah memiliki salah satu memiliki ujung putput yang terhubung dengan output CT di komponen transformer. CT tersebut berguna untuk menghubungkan sumber tegangan pada titik simpul dari gelombang suara yang dihasilkan.

2. Bridge Transformer Less (BTL)


Jenis-jenis amplifier selanjutnya adalah bridge transformer less. Ia adalah penggabungan dari dua komponen yang berbeda. Oleh sebab itu, jenis perangkat audio ini akan mendapat sinyal amplitudo 2x lebih besar.

3. Output Transformer (OT)


Output-Transformer

Power amplifier yang tidak kalah penting adalah output transformer. Ia menggunakan bantuan sebuah trafo untuk menghubungkan penguat akhir dengan beban speaker. Keunggulannya output transformer adalah tahan terhadap short circuit sehingga speaker tidak cepat rusak.

4. Output Transformer Less (OTL)


Karakteristik dari amplifier ini adalah untuk memiliki kapasitas besar sehingga tegangan listrik yang dimiliki cukup stabil. Namun, alat tersebut tidak bisa mengubah tegangan listrik.

Baca Juga: Simak Perbedaan Treble dan Bass di Sini. Lengkap!

Itulah pembahasan lengkap mengenai definisi amplifier, fungsi, dan jenis-jenisnya. Dengan adanya komponen perangkat ini akan memudahkan dalam menghasilkan output suara yang sesuai dengan preferensi pengguna. Apabila Anda sedang membutuhkan sound system untuk memeriahkan acara hiburan Anda, Duta Raya Makmur dengan senang hati bekerja sama dengan Anda di berbagai kesempatan.

Kami, Duta Raya Makmur sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penyewaan dan pengadaan alat audiovisual, berkomitmen penuh dalam melayani Anda. Sebagai authorized dealer, kami menyediakan berbagai merek atau brand dengan kualitas terbaik dan tepercaya. Jadikan Duta Raya Makmur sebagai partner kerjasama untuk hari ini dan masa mendatang!

Share This Article
Contact Us Contact Us Whatsapp Us