Search
Back Back to Blog

Lengkap! Simak Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis LCD! - Duta Raya Makmur

03 August 2024
Lengkap! Simak Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis LCD! - Duta Raya Makmur

Teknologi visual sudah semakin maju, salah satunya adalah penggunaan teknologi LED untuk perkembangan layar TV, smartphone, maupun sign-edge. Namun, tak sedikit juga yang masih menggunakan LCD sebagai teknologi layarnya.

Hal ini menunjukkan, bahwa LCD masih memiliki kualitas baik dan mampu memenuhi spesifikasi yang diharapkan. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai teknologi LCD!

Pengertian LCD

LCD atau Liquid Crystal Display adalah layar yang tersusun oleh kristal cair yang diterangi dengan lampu latar untuk menghasilkan sebuah gambar. Layar ini merupakan perangkat optik yang termodulasi elektronik dengan sifat modulasi kristal cair yang dikombinasikan dengan polarisator.

Teknologi LCD ini memiliki keunggulan dalam menampilkan keakuratan warna dengan baik. Selain itu, ketahanan dan performa dalam menyajikan visual di bawah sinar matahari langsung terbilang baik dan jelas. 

Secara umum, LCD mempunyai integrated circuit sehingga pengguna bisa mengatur tampilan LCD dengan mudah menggunakan mikrokontroler. Kategori LCD yang dijual di pasaran memiliki jumlah 1 sampai 2 barus yang dimana memuat karakter hingga 80. Namun seiring bertambahnya zaman, teknologi LCD semakin pudar dan digantikan dengan teknologi OLED (Organic Light-Emitting Diode). 

Cara Kerja LCD

Layar LCD memiliki beberapa kelebihan antara lain, kualitas visual atau gambar yang dihasilkan bagus dan konsumsi daya baterai yang relatif rendah. Setiap pixel terdiri dari lapisan  molekul yang disejajarkan dengan dua elektroda dan dua filter polarisasi. 

Tiga sub-pixel dalam layar LCD yakni berwarna merah, hijau, dan biru mampu menghasilkan jutaan warna yang berbeda. Nah, cara kerja LCD adalah ketika dihidupkan maka gambar akan terbentuk dan sebaliknya. Melansir Phonescoop, layar LCD teknologi lama menggunakan STN yang dinilai kurang baik dalam memproduksi warna dan warna respon. Akhirnya, teknologi tersebut digantikan dengan teknologi yang lebih baik. 

Fungsi LCD

Sama dengan teknologi layar LED, teknologi layar LCD berfungsi untuk menampilkan informasi dalam bentuk angka, tulisan, maupun gambar 

Jenis-Jenis LCD

Setelah mengetahui pengertian dan  jenis-jenis LCD, adapun jenis-jenis LCD yang perlu Anda ketahui.

1. IPS-LCD (In-Plane Switching Liquid Crystal Display)

Jenis-jenis LCD yang pertama adalah IPS-LCD. Dengan keunggulan sudut pandang yang lebih luas dan warna terlihat lebih akurat dibandingkan dengan TFT, maka layar ini menjadi pilihan utama sebagai layar smartphone. Hal ini karena visual yang ditampilkan bagus dan efisiensi daya yang baik.

2. FSC (Field Sequential Color LCD)

Selanjutnya, adapun teknologi layar FSC-LCD yang didesain dengan kecepatan yang tinggi dalam menampilkan layar. Teknologi ini tidak lagi menggunakan filter warna dan diganti dengan perangkat lunak (software). Secara teknis, LCD ini membagi sebuah gambar berwarna menjadi tiga warna utama dan menampilkannya.

Lalu, dari perspektif penglihatan manusia, tiga gambar tersebut akan dicerna kembali di dalam otak manusia. Berdasarkan spesifikasi, ketebalan LCD ini sekitar 1.1 mm dengan temperatur operasi sampai 50°C.  Adapun, kontras terbaik yang diberikan adalah 10V sampai 20V sehingga menghadirkan kualitas warna gambar yang baik.

3. EBT (Excellent Black Technology)

Dalam dunia aviasi, medis, maupun perkapalan, layar EBT menjadi teknologi layar yang penting dalam menampilkan suatu data. Teknologi layar ini menampilkan background yang sangat hitam dengan kontras lebih tajam daripada FSTN, sehingga data yang tertera bisa terlihat dengan baik.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai layar LCD beserta jenis-jenisnya. Seperti yang kita ketahui, kegunaan LCD di zaman sekarang seolah-olah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Tak  jarang, kebutuhan akan layar baik LCD maupun LED semakin meningkat seiring dengan kebutuhan kita.

Beberapa LED videotron ditemukan di fasilitas umum banyak digunakan untuk menyampaikan informasi baik pesan publik atau komersial. Jika Anda membutuhkan LED videotron dengan kualitas yang menarik, kabar baiknya Anda bisa bekerja sama dengan Duta Raya Makmur.

Kami, Duta Raya Makmur berkomitmen penuh dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Sebagai authorized dealer, kami menyediakan berbagai merk atau brand baik audio maupun visual untuk kepentingan acara Anda. Jadikan, Duta Raya Makmur sebagai partner kerjasama terbaik Anda saat ini dan masa mendatang. 

Share This Article
Contact Us Contact Us Whatsapp Us