Search
Back Back to Blog

Yuk, Simak Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED - Duta Raya Makmur

09 August 2024
Yuk, Simak Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED - Duta Raya Makmur

Teknologi elektronik telah berkembang pesat. Salah satunya adalah dengan penggunaan LED pada beberapa perangkat yang ada di sekitar Anda. Seperti halnya sebuah televisi dan smartphone yang dimana teknologi layarnya menggunakan LED. 

Meskipun LED memiliki banyak kelebihan, namun tak bisa dipungkiri jika ia juga mempunyai beberapa kekurangan. Penasaran, kan? Yuk, simak penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan LED berikut ini!

Kelebihan LED

Di artikel sebelumnya yakni pembahasan lampu LED, disebutkan bahwa lampu ini banyak digunakan pada perangkat baik domestik, otomotif, maupun medis. Adapun kelebihan LED yang perlu Anda ketahui, antara lain.

1. Hemat Energi

kelebihan-lampu-LED-hemat-energi
Kelebihan Lampu LED yang pertama adalah hemat energi. Maksudnya adalah ia hanya membutuhkan daya lebih sedikit untuk memancarkan cahaya. Oleh karena kemampuan efisien daya yang baik, ia cocok digunakan sebagai lampu utama kendaraan.

2. Desain Compact


Jika lampu halogen dinilai tampilannya kurang menarik, justru tampilan lampu LED sebaliknya. Lampu LED mempunyai dimensi yang lebih efisien dan minimalis daripada lampu halogen. Sehingga untuk penempatannya pada kap lampu kendaraan terkesan lebih modern dan cantik.

Baca Juga: LED Adalah Lampu yang Memiliki Banyak Kegunaan. Cek di Sini!

3. Lebih Terang & Stabil


Jika dilihat dari sisi performa, jangan diragukan lagi. Teknologi LED terbukti menghasilkan pancaran cahaya lebih terang dengan tembakan cahaya yang lebih jauh daripada lampu halogen dan HID. 

Selain itu, kestabilan lampu menyala saat berkendara patut diacungi jempol karena nyala lampu tetap fokus dan stabil walaupun di jalan tidak rata

4. Lebih Awet

Kelebihan-Lampu-LED-Lebih-Awet
Sudah menjadi rahasia umum jika LED memiliki usia pakai lebih lama. Hal ini yang membuatnya menjadi pilihan andalan oleh industri perakitan kendaraan sebagai lampu utama kendaraan mereka. Dengan kelebihan LED inilah, Anda tidak perlu repot mengganti bohlam lampu secara berkala.

5. Tahan Goncangan 


Kelebihan LED yang tidak boleh ketinggalan adalah kemampuannya yang tahan terhadap goncangan. Hal ini karena lampu tersebut terbuat dari elektronik solid state. 

Baca Juga: Lagi Ngetrend! Ber-iklan dengan LED Videotron, Simak Pengertian hingga Tipenya

Lantas  Apa Saja Kekurangan LED?


Meskipun LED memiliki banyak kelemahan, namun tidak sedikit kekurangannya. Adapun kekurangannya yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Kurang Optimal dalam Pencahayaan

Kekurangan-LED-kurang-optimal-dalam-pengcahayaan
Meskipun cahaya yang dikeluarkan cukup terang, dalam beberapa cuaca tertentu seperti kabut tebal atau hujan deras, ia kurang optimal dalam memancarkan cahaya lampu.

2. Cahaya Terlihat Lebih Silau


Cahaya yang dihasilkan dari lampu LED cukup terang, namun apabila penggunaannya yang tidak tepat akan mengganggu kenyamanan. Alangkah baiknya, gunakan lampu LED ini dengan bijaksana.

3. Harga Relatif Mahal


Jenis lampu ini memiliki harga yang lebih mahal daripada lampu konvensional lainnya. Harganya yang relatif ini memang sebanding dengan kualitas yang ia miliki.

4. Konstruksi Lebih Rumit


Pemasangan lampu LED ini faktanya tidak semudah yang dibayangkan. Dibandingkan dengan lampu konvensional lainnya, konstruksi lampu LED memiliki konstruksi pemasangan yang lebih rumit. 

Baca Juga: 4 Manfaat LED Videotron Bagi Perusahaan

Itulah pembahasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan LED. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan LED dengan seksama, Anda jadi bisa mengetahui bahwa lampu ini memiliki kelebihan yang banyak. Namun, tak dipungkiri mereka juga memiliki kelemahan yang patut Anda pertimbangkan.

Mengingat penggunaan LED banyak ditemukan di berbagai sektor, tak jarang teknologi ini sering digunakan untuk komponen layar TV, laptop, maupun LED Videotron. Apabila Anda sedang membutuhkan LED Videotron untuk kebutuhan acara Anda, kabar baiknya Duta Raya Makmur menyediakan jasa penyewaan dan pengadaan perangkat audio dan visual.

Sebagai authorized dealer brand terkemuka, kami memastikan bahwa barang yang kami sediakan berkualitas baik. Kami berkomitmen penuh terhadap kepuasan pelanggan, kami yakin bahwa kepuasan Anda adalah hal berharga bagi kami. 

Jadikan Duta Raya Makmur sebagai partner kerja terbaik Anda di masa sekarang dan masa mendatang!

Share This Article
Contact Us Contact Us Whatsapp Us