Search
Back Back to Blog

DOOH Advertising : Pengertian, Faktor Pendorong & Manfaatnya - Duta Raya Makmur

27 August 2024
DOOH Advertising : Pengertian, Faktor Pendorong & Manfaatnya - Duta Raya Makmur

Saat Anda berada di keramaian kota, setidaknya Anda menjumpai layar iklan digital yang memuat pesan yang bersifat komersial atau publik. Tak jarang, pesan-pesan tersebut dikemas dengan bahasa dan desain yang  menarik sehingga menyita banyak perhatian audiens.

Nah, itulah dampak dari kemajuan teknologi di bidang periklanan yang dimana sebelumnya tren periklanan dilakukan secara OOH (Out of Home) Advertising lambat laun berganti ke DOOH (Digital Out of Home) Advertising.

Kemunculan DOOH berdampak positif terhadap kemajuan dan perkembangan bisnis. Secara tidak langsung akan meningkatkan penjualan atau sales yang signifikan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan selengkapnya di sini! 

Pengertian DOOH Advertising


DOOH advertising adalah konsep periklanan luar ruangan atau outdoor yang menggunakan media iklan digital seperti LED videotron, digital signage, dan lain-lain. Iklan luar ruang digital ini merupakan bentuk pertumbuhan periklanan yang menawarkan beberapa kelebihan seperti penyajian konten yang kreatif dan dinamis.

Faktor Pertumbuhan DOOH Advertising di Indonesia


Mungkin Anda penasaran, bagaimana tren iklan digital ini tumbuh di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Tentu saja, terdapat banyak faktor yang mendorong pertumbuhan DOOH advertising di Indonesia, antara lain:

  • Perubahan Perilaku Konsumen : Di era digital saat ini, masyarakat semakin terhubung dengan baik secara real time tanpa keterbatasan ruang dan waktu. Nah, hal ini menyebabkan pergeseran minat konsumen dari iklan konvensional ke iklan digital.

  • Perkembangan Teknologi : Teknologi layar seperti LED videotron, internet, dan software pendukung penyajian konten telah berkembang pesat. Hal tersebut memungkinkan untuk menayangkan iklan secara menarik dan interaktif.

  • Persaingan Industri : Dengan adanya teknologi digital yang berdampak positif terhadap penjualan produk (sales), maka industri periklanan terus berinovasi menyediakan solusi terbaik untuk klien.

  • Urbanisasi : Semakin banyak penduduk yang berpindah ke kota-kota besar, menciptakan kesempatan untuk pemasangan media DOOH di tempat-tempat strategis. 

Baca Juga : Lagi Ngetrend! Ber-iklan dengan LED Videotron, Simak Pengertian hingga Tipenya

Manfaat DOOH Advertising


Penggunaan DOOH di bidang periklanan sedikit banyak bisa dirasakan manfaatnya. Adapun manfaat DOOH advertising yang perlu Anda ketahui, antara lain:

Menyasar Target Audiens yang Jelas


Pemasangan DOOH di ruang publik yang tepat akan menyasar target audiens sesuai dengan preferensi. Mengingat DOOH advertising menggunakan media digital sehingga iklan bersifat fleksibel, bisa menayangkan beberapa iklan sekaligus dan menggantinya dengan mudah. Selain itu, pemasangan di daerah rawan macet adalah pilihan yang tepat, karena berpotensi ditonton lebih lama oleh banyak orang.

Visibilitas Iklan Meningkat Secara Signifikan


Dengan menggunakan DOOH advertising, maka peluang untuk dilihat audiens lebih besar. Sedikit banyak tampilan iklan di layar tersebut berupa konten animasi, infografis, dan tampilan visual yang dinamis. 

Mengingat tampilan iklan digital yang eye-catching, jelas, dan terlihat besar memudahkan orang untuk mengenali produk dengan baik. Dengan kata lain, ia bisa menjangkau perhatian audiens dengan mudah.

Meningkatkan Kepercayaan Audiens


Visibilitas produk yang diiklankan melalui DOOH akan menghasilkan tingkat kepercayaan audiens lebih tinggi. Mengiklankan produk menggunakan media digital menandakan bahwa perusahaan tersebut memiliki kredibilitas yang baik.

Membuat Merek Produk Semakin Dikenal Audiens


Bukan menjadi rahasia umum lagi, memasarkan produk melalui DOOH akan membuat produk dikenal luas oleh audiens. Audiens menjadi familiar dengan produk tersebut dan lambat laun memutuskan untuk membeli. 

Demikianlah penjelasan mengenai DOOH advertising. Dengan adanya inovasi teknologi di bidang periklanan, tentu saja berdampak baik terhadap penjualan produk baik dari perusahaan yang sudah dikenal atau perusahaan baru.

Tingkat kesadaran audiens terhadap merk menjadi semakin besar. Di sisi lain, audiens yang telah terpapar informasi produk secara terus-menerus melalui DOOH, kemungkinan akan melakukan pembelian produk. 

Baca Juga : 4 Manfaat LED Videotron Bagi Perusahaan

Dapatkan Segera di Duta Raya Makmur!

Nah, kabar baiknya apabila Anda membutuhkan media untuk melakukan DOOH advertising, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di Duta Raya Makmur. Kami menyediakan LED Videotron dengan berbagai brand (multibrand), pitch, dan tipe.

Kami menyediakan layanan survey, demo, mockup, dan konsultasi untuk menunjang kenyamanan anda dalam mendapatkan solusi. Kami sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam memberikan solusi audio dan visual.

Kami juga berkomitmen penuh untuk memberikan pelayanan aftersales seperti maintenance dan perawatan untuk menjaga produk hasil implementasi. Tunggu apalagi? Jadikan Duta Raya Makmur sebagai partner kerjasama terbaik di masa sekarang dan mendatang.

 

Share This Article
Contact Us Contact Us Whatsapp Us