Corporate event adalah acara yang seringkali diadakan oleh perusahaan untuk tujuan tertentu. Acara ini biasanya dirancang untuk berbagai tujuan seperti menyampaikan sebuah pesan, menciptakan pengalaman bermakna, mengembangkan nilai dan budaya organisasi, serta berbagai tujuan lainnya.
Corporate event juga memberikan kesempatan atau ruang antara perusahaan dengan mitra bisnis atau klien untuk membangun relasi. Untuk menyelenggarakan corporate event dengan sukses, membutuhkan perencanaan matang dengan biaya yang tidak sedikit. Dibutuhkan berbagai persiapan dari konsep acara hingga biaya pelaksanaannya.
Dalam artikel ini, kita akan membahas apa pengertian dari corporate event, jenis–jenis, manfaat, serta langkah-langkah strategis membuat corporate event yang menarik dan tepat sasaran. Mari, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!
Apa Itu Corporate Event?
Sebelum kita mengetahui jenis-jenis dan tips sukses menyelenggarakan corporate event, sebaiknya memahami apa pengertian corporate event itu sendiri. Jadi, corporate event adalah acara yang disponsori oleh perusahaan yang ditujukan untuk kegiatan internal seperti meningkatkan relasi antar karyawan, launch produk, memotivasi karyawan atas kinerja mereka.
Secara umum, perusahaan mengadakan acara ini untuk merayakan keberhasilan atas pencapaian tertentu. Dalam corporate event, tidak serta merta membahas bagaimana cara berkolaborasi di masa mendatang, melainkan memberikan ruang untuk bersenang-senang untuk para karyawan.
Baca Juga : 20 ice Breaking Seru, Efektif Bikin Mood Peserta Jadi Happy!
Jenis-Jenis Corporate Event
Ternyata, corporate event memiliki berbagai jenis yang tentu saja memiliki tujuan yang berbeda-beda. Adapun jenis-jenis corporate event yang perlu Anda ketahui, antara lain:
Pemeran Dagang
Secara umum, pameran dagang merupakan kegiatan yang diadakan untuk mempertemukan pelaku bisnis untuk memperkenalkan jasa produk atau jasa mereka dan menciptakan peluang penjualan. Event ini sering disebut sebagai trade fair atau trade show.
Pameran dagang ini juga menjadi tempat pemimpin atau pelaku bisnis dalam memperkuat citranya. Biasanya, event ini dilakukan di tempat-tempat luas dan terbuka seperti hall, ballroom, lapangan, dan lain-lain.
Seminar dan Workshop
Corporate event selanjutnya adalah seminar dan workshop. Seminar diadakan semata-mata untuk memberikan informasi tertentu atau pelatihan dengan konsep acara yang terstruktur. Pembicara seminar adalah orang yang ahli dibidangnya dan dihadiri oleh orang-orang yang relevan atau antusias dengan topik yang diangkat.
Sementara itu, workshop dilakukan lebih interaktif yang dimana peserta ikut terlibat langsung dalam kegiatan diskusi yang mendalam.
Conference
Konferensi adalah acara yang diselenggarakan untuk berbagai insight, ide, atau informasi tertentu. Event ini seringkali melibatkan lebih dari satu pembicara yang ahli di bidangnya untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada peserta konferensi. Idealnya, durasi konferensi adalah sehari penuh dan dilaksanakan di hotel atau venue.
Kongres
Event kongres hampir sama dengan konferensi, hanya saja ia memiliki pembahasan yang lebih spesifik. Para ahli diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan bertukar pikiran tentang topik tertentu untuk mempelajari praktek baru. Di acara ini, perusahaan akan mengirimkan representasi atau perwakilan untuk mengembangkan keterampilan mereka.
Rapat Dewan Direksi
Rapat dewan direksi adalah event perusahaan yang hanya dilaksanakan oleh anggota dewan direksi untuk mengawasi aktivitas dan kinerja perusahaan. Anggota dewan akan merumuskan strategi masa depan perusahaan bersama-sama berdasarkan kesimpulan yang diambil saat rapat.
Baca Juga : Anti-Bosan! Tips Mengemas Konsep Event Menarik dan Kreatif
Manfaat Corporate Event
Berbagai contoh corporate event di atas membuka mata kita bahwa acara ini tidak hanya sekedar mempromosikan produk, namun ia memiliki orientasi lain yang berdampak positif pada perusahaan.
Nah, kira-kira apa dampak positif atau manfaat yang didapat dari mengadakan acara ini? Berikut adalah penjelasannya!
-
Meningkatkan Budaya Perusahaan
Corporate event efektif meningkatkan budaya perusahaan. Mengadakan corporate event secara berkala akan menjadikan tempat kerja menjadi lebih menyenangkan.
-
Mendorong Moral Karyawan
Mengadakan acara seperti gathering dan memberikan penghargaan kepada karyawan berprestasi akan meningkatkan semangat dan antusias karyawan. Dengan adanya penghargaan tersebut, karyawan merasa lebih dihargai dan terdorong untuk melakukan terbaik untuk kedepannya.
-
Memperkuat tim dan koneksi
Selanjutnya, manfaat diadakannya corporate event adalah memperkuat koneksi dan kolaborasi tim dan koneksi. Di dalam acara ini, anggota akan terlibat dalam aktivitas yang membutuhkan kerjasama tim. Dengan begitu, mereka akan saling bekerjasama dan akhirnya mendongkrak produktivitas tim.
Tentu saja, untuk mensukseskan acara ini dibutuhkan beberapa solusi kebutuhan audiovisual yang berkualitas. Mulai saat ini, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan jasa penyewaan perangkat audiovisual dengan mudah di Duta Raya Makmur!
Dapatkan Segera di Duta Raya Makmur!
Kini, sudah saatnya menjadikan acara Anda lebih kreatif, menarik, dan berkesan dengan dukungan audiovisual terbaik bersama Duta Raya Makmur. Duta Raya Makmur menyediakan berbagai jasa penyewaan peralatan audiovisual seperti audio, visual, multimedia & broadcasting, total audio, dan total production.
Selain itu, kami juga dapat menjadi partner solusi kreatif dalam membangun event Anda. Nah, tunggu apalagi? Jadikan Duta Raya Makmur sebagai partner kerjasama terbaik Anda di masa kini dan mendatang.