Search
Back Back to Blog

Horeka adalah Bisnis High Demand & Banyak Peluang 2025

04 October 2025
Horeka adalah Bisnis High Demand & Banyak Peluang 2025

Dalam dunia perhotelan maupun kuliner, istilah Horeka (Hotel, Restoran, Kafe) adalah sesuatu yang familiar. Namun, bagi sebagian orang, istilah ini masih terdengar asing dan biasanya hanya memahaminya sebatas arti.

Horeka adalah salah satu sektor bisnis yang tidak sepi peminat. Supaya bisnis tetap berkelanjutan, sebagai pemilik bisnis, Anda perlu memerhatikan kualitas hospitality yang bagus supaya sistem operasional tetap berjalan dengan lancar.

Lantas, apa yang dimaksud dengan Horeka? Bagaimana kontribusi, tantangan, dan dukungan yang efektif meningkatkan ekosistem bisnis ini? Simak selengkapnya berikut ini!

Apa Itu Horeka?


Horeka adalah istilah yang merujuk pada segmen bisnis yang bergerak pada bidang hospitality (keramahtamahan) dan kuliner. Dalam prakteknya, Horeka tidak hanya berfokus pada pelayanan dan produk saja.

Melainkan dari kualitas pangan, penyajian menu, pengaturan logistik, layanan pelanggan, fasilitas, hingga dukungan audiovisual. Seperti yang kita ketahui, Horeka merupakan salah satu segmentasi bisnis yang memiliki banyak peminatnya. Sehingga, operasional dan pelayanan harus dilakukan profesional dan konsisten.

Oleh sebab itu, pelaku bisnis yang berkecimpung dalam dunia ini harus memerhatikan dan mengelola ekosistem bisnis secara holistik supaya mendapatkan output maksimal.

Karakteristik Bisnis Horeka


Bisnis Horeka adalah salah satu sektor industri yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi  di Indonesia. Tentu saja, pelanggan akan mempertimbangkan beberapa aspek seperti, kenyamanan, pengalaman, dan interaksi sosial yang berkesan.

Berikut adalah beberapa karakteristik bisnis Horeka yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Berorientasi pada Kepuasan Pelanggan


Karakteristik bisnis Horeka yang pertama adalah berorientasi pada kepuasan pelanggan. Seperti penjelasan di atas, bisnis Horeka tidak hanya menyediakan produk namun juga menjual pengalaman.

Artinya adalah ketika pelanggan datang ke tempat usaha Anda, ia mengharapkan lebih dari sekedar kamar atau hidangan yang ia dapatkan. Pengalaman dan kenyamanan pelanggan juga menjadi faktor krusial pelanggan merasa puas.

2. Adaptabilitas dan Fleksibilitas


Di samping memberikan pengalaman pengalaman yang berkualitas, pelaku bisnis ini harus bisa melihat tren, peluang, dan fleksibel dalam menghadapi perkembangan zaman. Maka dari itu, selalu perhatikan menu terbaru, pelayanan, dan menjaga kualitas bahan produk.

3. Keterlibatan Emosional


Sebagai salah satu motor penggerak pariwisata, pelayanan dan akomodasi Horeka turut memengaruhi keterlibatan emosional para pelanggan. Seringkali pengalaman yang diberikan meninggalkan kesan emosional berkesan.

Pastikan bahwa interaksi staf dan atmosfer yang dibangun bisa menciptakan keterikatan emosional mendalam.

4. Skala Konsumsi Besar dan Rantai Pasok Kompleks


Ciri khas bisnis Horeka dari bisnis lainnya adalah pemasokan atau logistik dalam skala besar. Hotel, restoran, dan kafe memerlukan pasokan bahan baku hingga tenaga kerja dalam jumlah besar karena tingkatan layanan tinggi dan volume pelanggan yang banyak harus dipenuhi setiap harinya.

Untuk menjaga operasional tetap sustain dan solid, pastikan bahwa pelayanan, produk, dan pemasok atau supplier harus terjaga dengan baik.

Baca Juga: 5 Cara Memaksimalkan Pengalaman Pelanggan Horeka

Kontribusi Bisnis Horeka terhadap Ekonomi Indonesia


Menurut Kurniansah et al. (2025), sektor pariwisata merupakan salah satu sektor bisnis yang memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Riset ini menunjukkan bahwa Horeka turut pengaruh terhadap perkembangan pariwisata. Berikut ini adalah beberapa kontribusi bisnis Horeka terhadap Ekonomi di Indonesia, antara lain:

  • Penyumbang PDB Nasional: Berdasarkan data BPS, sektor ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap PDB Indonesia. Artinya, kontribusinya pada pertumbuhan ekonomi rata-rata semakin meningkat, terutama setelah pandemi COVID-19.

  • Pendorong Industri Pariwisata: Hotel, restoran, dan kafe menjadi salah satu pendorong pertumbuhan pariwisata di Indonesia. 

  • Meningkatkan Lapangan Kerja: Horeka merupakan sektor padat karya. Ketiga ruang lingkup yaitu hotel, restoran, dan cafe menyerap jutaan tenaga kerja untuk menduduki berbagai posisi seperti manajemen hingga staf operasional.

  • Meningkatkan Pendapatan Daerah: Bisnis yang berkecimpung di dunia Horeka seringkali memberikan kontribusi terhadap pemasukan pajak daerah dan negara. Pendapatan daerah tersebut biasanya berupa pajak atau retribusi lainnya.

Tantangan Horeka di Era Globalisasi


Meskipun bisnis ini menunjang pertumbuhan ekonomi yang besar, namun tak luput dari beberapa tantangan yang dihadapi saat ini. Beberapa tantangan yang dihadapi oleh sektor Horeka di era Globalisasi cukup luas, meliputi:

  • Digitalisasi Layanan: Bisnis ini harus bisa survive di era tantangan globalisasi. Salah satunya adalah menerapkan digitalisasi layanan seperti, pemesanan online, e-menu, integrasi dengan sistem kasir, dan sebagainya.

  • Protokol Keamanan dan Kebersihan Ketat: Sektor yang bergerak di bidang kuliner, setidaknya harus memerhatikan beberapa prosedur keamanan pangan seperti MUI, BPOM, dan HACCP untuk meningkatkan trust pelanggan dan kredibilitas usaha.

  • Sustainability: Saat ini, minat pelanggan terhadap makanan sehat terus bertambah. Tren ini juga akan berpengaruh terhadap pemilihan bahan baku untuk membuat makanan sehat. 

Baca Juga: Rekomendasi LED Videotron Indoor Untuk Kegiatan Promosi

Peran Teknologi yang Efektif Tingkatkan Visibilitas Horeka


Menjalankan bisnis Horeka tentunya membutuhkan strategi yang efektif. Salah satu strategi yang bisa pemilik bisnis terapkan adalah berinvestasi pada media audiovisual seperti LED videotron, digital signage, dan kiosk. 

Perangkat audiovisual seperti di atas memiliki fungsi penting sebagai media branding, promosi, maupun penyampaian informasi kepada pelanggan. Dengan berinvestasi dengan menggunakan media audiovisual di atas, daya tarik promosi semakin meningkat. Selain itu, visibilitas brand di mata audiens semakin kuat. Bisnis pun bisa menjangkau audiens dengan lebih efektif.

Baca Juga: Tips Memilih LED Videotron untuk Horeka Berkualitas Tinggi

Itulah pembahasan mengenai lini bisnis Horeka. Ternyata, jika kita memahaminya lebih jauh, bisnis Horeka memiliki peminat dan kompleksitas operasional yang cukup rumit. Volume permintaan di pasar juga semakin meningkat setiap tahunnya.

Maka dari itu, untuk bisa bersaing di tengah bisnis Horeka, Anda harus bisa menciptakan produk dan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Salah satu peningkatan pelayanan yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan media audiovisual.

Ingin cari tahu artikel menarik tentang hospitality dan pelayanan pelanggan? Yuk, jangan lewatkan artikel menarik seputar Horeka di sini!

Share This Article
Contact Us Contact Us Whatsapp Us