Search
Back Back to Blog

11 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memasang Video Wall

27 September 2024
11 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memasang Video Wall

Setiap membeli perangkat elektronik pastinya Anda harus mempertimbangkan dahulu spesifikasi dan beberapa aspek lainnya, bukan? Yap, sama halnya dengan LED videotronvideo wall yang merupakan barang elektronik bernilai tinggi yang dimana perlu adanya beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli atau menyewanya.

Tentu saja, pertimbangan tersebut tak lepas dari spesifikasi video wall dan kebutuhan kita. Mari, simak penjelasan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memasang video wall. 

11 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memasang Video Wall

Sesuai dengan penjelasan di atas, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memasang video wall supaya pemasangannya tepat dan sesuai penggunaan.

1. Pahami Tujuan Penggunaan

Hal yang harus diketahui yang pertama adalah memahami tujuan penggunaan video wall dengan baik. Apakah Anda menggunakannya untuk kebutuhan bisnis, pemantauan data, menampilkan informasi, atau sekedar hiburan saja? Nah, tujuan ini harus benar-benar Anda pahami karena akan menentukan jenis layar, ukuran video wall, dan tingkat resolusi yang dibutuhkan.

2. Kenali Lokasi Pemasangan

Sebelum memasang video wall, Anda harus mengetahui lokasi strategis dimana potensi audiens memerhatikan konten cukup tinggi. Semakin tinggi dwell time atau waktu audiens memerhatikan konten Anda maka semakin besar potensi audiens terpapar pesan produk Anda.

3. Pahami Dimensi Video Wall

Hal yang harus diketahui sebelum memasang video wall adalah memahami dimensi ruangan. Video wall dengan ukuran yang terlalu besar terlihat tidak proporsional di ruangan yang kecil. 

Selain itu, rasio ukurannya yang tidak ideal dengan dimensi ruangan membuatnya tidak efektif untuk dilihat. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui dimensi ruangan dengan tepat supaya konten yang ditampilkan dapat dilihat secara utuh tanpa terdistorsi.

Baca Juga : Video Wall Adalah Layar Digital yang Memiliki Banyak Fungsi. Cek di Sini!

4. Teknologi Layar yang Digunakan

Jenis teknologi layar yang digunakan dalam video wall adalah LED dan LCD. Kedua layar tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Layar LED biasanya memiliki tampilan visual lebih terang dengan kontras yang lebih tinggi.

Sementara itu, layar LCD cenderung memiliki tampilan yang lebih mencolok (vivid) dan harganya relatif murah.

5. Resolusi Layar

Hal yang harus diketahui sebelum memasang video wall adalah resolusi layar. Resolusi layar sangat penting untuk menentukan tingkat kejernihan suatu gambar. Resolusi yang baik akan menghasilkan gambar yang lebih jelas dan tajam. Setidaknya Anda memilih resolusi 4K atau 8K supaya gambar bisa terlihat baik dari jarak dekat oleh audiens.

6. Sudut Pandang

Adapun sudut pandang juga harus diperhatikan. Sebaiknya Anda memilih layar dengan sudut pandang luas untuk memastikan bahwa gambar terlihat konsisten dari berbagai posisi.

7. Kecerahan dan Kontras

Sebelum memasang video wall, ada baiknya Anda mengetahui tingkat kecerahan dan kontras yang akan Anda pilih. Layar dengan kecerahan yang sesuai dengan penempatan pemasangan akan menghasilkan tampilan visual yang ideal dan jelas. Selain itu, tingkat kontras yang tepat akan membuat visual terlihat tajam dan detail.

8. Controller dan Perangkat Lunak

Untuk mengatur konten multimedia yang ada di video wall, pastikan sistem tersebut mudah untuk digunakan dan memiliki fleksibilitas dalam mengatur tampilan konten, pembagian layar, dan kalibrasi.

Baca Juga : Brand Awareness Meroket! Inilah Tips Membuat Iklan DOOH yang Menarik

9. Integrasi dengan Sistem Lain

Memasang video wall adalah salah satu langkah strategis untuk menampilkan konten iklan secara optimal. Namun, perlu diketahui bahwa untuk membuat tampilan iklan menjadi lebih maksimal, Anda perlu mempertimbangkan integrasi dengan sistem lain.

Pertimbangan tersebut meliputi lokasi, ukuran, teknologi layar, resolusi, beserta anggaran. Nah, pastikan video wall yang Anda pilih bisa memenuhi kebutuhan Anda dan memberikan nilai lebih untuk investasi Anda.

10. Biaya dan Anggaran

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, video wall memiliki nilai ekonomis yang tinggi, sehingga perlu anggaran yang besar untuk memasangnya. Untuk itu, sebaiknya perlu pertimbangkan biaya pemasangan dan biaya maintenance selama pemakaian.

11. Instalasi dan Pemeliharaan 

Instalasi atau pemasangan video wall tidak lepas pemeliharaannya secara berkala. Pastikan Anda mempercayakan jasa maintenance kepada ahlinya. Dengan begitu, video wall bisa berfungsi dengan baik dalam jangka panjang. 

Baca Juga : Cara Memasang LED Videotron, Pengaturan & Pemeliharaannya

Itulah pembahasan lengkap mengenai hal-hal yang harus diketahui sebelum memasang video wall. Tentu saja, Anda mempertimbangkan beberapa aspek di atas, pemilihan Anda menjadi lebih terarah dan lebih bisa mengambil keputusan dengan tepat untuk kebutuhan.

Kabar baiknya, apabila Anda sedang membutuhkan video wall untuk kebutuhan penayangan konten Anda, Duta Raya Makmur dengan senang hati bekerja sama dengan Anda di berbagai kesempatan atau acara Anda.

Kami, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penyewaan dan pengadaan alat audio visual yang telah berdiri selama 23 tahun, berkomitmen penuh terhadap kepuasan pelanggan dengan mengedepankan solusi audio visual yang terbaik untuk Anda. 

Sebagai authorized dealer, kami menyediakan berbagai merek atau brand terkemuka yang berkualitas. Kami yakin bahwa keberhasilan acara Anda adalah kepuasan kami.

Tunggu apalagi? Jadikan Duta Raya Makmur sebagai partner kerjasama terbaik Anda di masa kini dan mendatang.

Share This Article
Contact Us Contact Us Whatsapp Us