Search
Back Back to Blog

SPL adalah Hal yang Penting untuk Sound System, Ini Pengertiannya!

14 October 2024
SPL adalah Hal yang Penting untuk Sound System, Ini Pengertiannya!

Pernahkan Anda merasa tidak nyaman ketika melihat konser? Di mana suara yang terdengar tidak jelas dan seringkali memekakkan telinga? Nah, itu adalah salah satu kendala pada sound system karena adanya ketidaktepatan SPL yang dikeluarkan oleh perangkat speaker.

Sebelum melakukan instalasi sound system untuk kebutuhan komersial, seorang teknisi yang bergerak di bidang audio wajib memahami perhitungan SPL (Sound Pressure Level) karena akan memengaruhi kenyamanan audiens saat mendengarkan suara

Daripada penasaran, yuk simak penjelasan lebih lanjut tentang pengertian, fungsi, dan bagaimana perhitungan SPL yang benar di sini!

Pengertian SPL


Apa itu SPL? SPL adalah ukuran intensitas suara yang diukur dalam satuan desibel (dB). Aspek ini memegang peranan penting dalam dunia sound system, karena menggambarkan seberapa keras dan lembutnya suara (dinamika) yang terdengar di telinga manusia.

Secara umum, tingkat SPL normal yang didengar oleh manusia adalah sekitar 60-70 dB. Adapun suara latar seperti TV atau radio adalah sekitar 50-60 dB. Dengan range suara yang tidak terlalu tinggi seperti di atas, maka bisa dipastikan sistem pendengaran manusia tidak akan terganggu.

Perlu yang Anda ketahui, kebisingan di atas 85 dB dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan organ pendengaran.

Baca Juga : Jangan Salfok! Ini Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif - Duta Raya Makmur

Fungsi dan Manfaat SPL


Memahami SPL tidak hanya sebatas pengertian saja, adapun fungsi dan manfaat SPL yang perlu Anda ketahui, antara lain:

Kontrol Kualitas Suara


Dalam dunia sound system, SPL adalah salah satu parameter untuk memastikan bahwa suara speaker lebih besar dari suara kebisingan audiens. Pastikan bahwa suara speaker bisa terdengar dengan nyaman dari ekspektasi jarak yang ditentukan.

Pengukuran Kebisingan


SPL juga menjadi tolak ukur untuk mengetahui tingkat kebisingan di area tertentu. Dengan mengetahui tingkat kebisingan yang tepat maka akan menghindari paparan kebisingan berlebih. 

Seperti yang Anda ketahui, kebisingan berlebih mampu menyebabkan kerusakan pendengaran permanen. Jadi, pastikan tingkat SPL untuk event atau acara Anda masih berada di ambang batas.

Perancangan Akustik


Dalam beberapa kasus seperti pembuatan desain ruangan, SPL adalah tolak ukur yang dipakai untuk menciptakan ruangan akustik optimal dan sesuai dengan kebutuhan. Biasanya insinyur akan menggunakan parameter ini untuk membantunya dalam membangun ruang auditorium atau studio rekaman.

Keamanan Kesehatan


Mengetahui tingkat SPL yang tepat, turut menjaga organ pendengaran dari kerusakan akibat paparan kebisingan dalam jangka waktu lama. Parameter biasanya digunakan oleh insinyur saat melakukan pembangunan sebuah gedung, industri, maupun infrastruktur lainnya.

Perhitungan SPL


Setelah mengetahui pengertian dan manfaat SPL, adapun rumus perhitungan SPL yang perlu Anda ketahui, antara lain:

SPL=20 log10pp0

Keterangan:

p=tekanan suara yang terukur (pascal)

p0 = tekanan referensi (20Pa)

Untuk memahaminya dengan baik, berikut adapun perhitungan SPL yang perlu Anda ketahui:

  1. Tentukan nilai ​p0 terlebih dahulu:

p0=20 x 10-6 Pa

  1. Masukkan nilai p dan p0​ ke dalam rumus:

SPL=20 log100,220 x 10-6 = 0,20,00002 = 10000

  1. Hitung perbandingan:

0,220 x 10-6= 0,20,00002 = 10000

  1. Hitung logaritma:

log10 (10000) = 4

  1. Hitung SPL:

SPL = 20 x 4 = 80 dB

Itulah pembahasan lengkap mengenai pengertian, kegunaan SPL, beserta rumusnya. Anda sekarang menjadi lebih paham, bukan? Nah, bagi Anda yang sedang membutuhkan instalasi sound system dengan paket All-In-One, pasalnya Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di Duta Raya Makmur.

Baca Juga : Bose S1 Pro+, Speaker Portable dengan Suara Profesional

Dapatkan Jasa dan Produk Audio di Duta Raya Makmur!


Anda membutuhkan jasa profesional untuk sound system Anda? Duta Raya Makmur menyediakan jasa rental maupun instalasi permanen sound system speaker dengan berbagai brand yang berkualitas (multibrand).

Duta Raya Makmur menyediakan layanan survey, demo, mockup, dan konsultasi untuk menunjang kenyamanan Anda dalam mendapatkan solusi. Kami sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam memberikan solusi kebutuhan audio dan visual.

Kami juga berkomitmen penuh untuk memberikan pelayanan aftersales seperti maintenance dan perawatan untuk menjaga produk hasil implementasi. Tunggu apalagi? Jadikan Duta Raya Makmur sebagai partner kerjasama terbaik di masa sekarang dan mendatang.

Share This Article
Contact Us Contact Us Whatsapp Us