Search
Back Back to Blog

Videotron Outdoor: Jenis-Jenis, Spesifikasi, dan Ukurannya - Duta Raya Makmur

02 August 2024
Videotron Outdoor: Jenis-Jenis, Spesifikasi, dan Ukurannya - Duta Raya Makmur

Pernahkah Anda melihat videotron outdoor yang menampilkan informasi publik atau iklan komersial di tempat umum? Tak jarang, penampilan visualnya yang menarik membuat Anda terpikat. Tahukah Anda jika videotron tersebut bisa bertahan lama di luar ruangan karena ia didesain khusus untuk tahan dari pengaruh dari luar? 

Tentunya berbeda dengan videotron indoor, videotron outdoor memiliki ukuran dan spesifikasi yang berbeda,lho. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak selengkapnya pembahasan artikel di bawah ini!

Jenis-Jenis Videotron Outdoor


Jenis-Jenis Videotron-Indoor

Videotron outdoor adalah sebuah televisi yang didesain khusus untuk penggunaan luar ruangan. Dengan fitur LED (Light Emitting Diode) yang berperan penting dalam menampilkan gambar, video, chart, diagram dengan baik melalui sebuah prosesor.

Nah, berikut adalah beberapa jenis-jenisnya yang perlu Anda ketahui. 

Videotron Outdoor LED TV


Anda mungkin familiar dengan jenis videotron satu ini. Media audiovisual ini sering Anda jumpai di pasaran. Videotron outdoor LED TV ini menawarkan berbagai kecanggihan fitur dan keunggulan yang tidak kalah hebat dari videotron konvensional. 

Ia menyajikan gambar yang lebih vibrant, daya tahan lebih baik dan stabil. Di sisi lain, videotron ini memiliki tingkat efisiensi dalam menampilkan gambar dibandingkan dengan panel LCD.

Videotron Outdoor OLED TV


Teknologi layar terus berkembang dan melahirkan jenis televisi yang lebih canggih yaitu OLED TV. Di dalam panel ini, telah didesain untuk penggunaan di luar ruangan menjadi lebih mudah. 

Seperti yang Anda ketahui, OLED TV dapat menyajikan gambar lebih cerah, colorful dengan motion yang lebih halus. Selain itu, warna hitam yang ditampilkan lebih pekat sehingga tampilan menjadi terlihat mewah. Bobotnya lebih ringan dan fitur kontras yang briliant membuat tampilan visual terlihat jelas walaupun terkena terik matahari.

Baca Juga: Inilah Tempat Instalasi LED Videotron Terbaik di Surabaya

Videotron Outdoor 4K UHD TV


Selanjutnya, adapun jenis videotron outdoor 4K UHD TV. Videotron jenis ini banyak ditemukan di tempat-tempat umum. Media audiovisual tersebut menawarkan resolusi gambar lebih baik dari TV Full HD biasa. 

Lalu, fitur HDR (High Dynamic Range) yang dimilikinya memungkinkan untuk melihat gelap-terang gambar dengan baik. Selain itu, color range yang luas memberikan pengalaman menonton yang lebih baik dan menyenangkan walaupun di luar ruangan.

Videotron Outdoor Projector TV


Salah satu videotron terbaik di kelasnya adalah projector TV. Dengan bantuan perangkat proyektor, audiens bisa menikmati tampilan audio visual lebih jernih dengan rasio aspek yang ideal seperti sedang menonton film di luar ruangan.

Spesifikasi Videotron Outdoor

Kualitas videotron ditentukan oleh berbagai elemen seperti, resolusi layar, pitch pixel, kecerahan, ketahanan cuaca, dan elemen lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut.

Resolusi layar

Resolusi layar adalah faktor utama dalam menentukan kualitas tampilan visual. Pada umumnya, resolusi layar LED videotron outdoor dibuat dengan resolusi rendah karena jarak pandangnya yang jauh.

Pitch Pixel


Elemen ini mengacu pada radius atau jarak antara pusat pixel dengan yang lainnya. Jika videotron indoor dibuat dengan pixel yang lebih tinggi, maka videotron ini memiliki resolusi yang lebih rendah.

Mengingat fungsi pitch pixel adalah untuk menentukan ketajaman warna dan kecerahan dari suatu gambar. Elemen ini berbentuk kotak-kotak kecil yang terdiri dari satu juta warna yang berbeda. Tentunya, ukuran pixel setiap videotron berbeda-beda tergantung pada ukuran layar dan kebutuhan.

Kecerahan

Spesifikasi videotron luar ruangan bisa terlihat menarik apabila kecerahan atau brightness memadai. Elemen ini tidak kalah penting karena kecerahan akan memastikan tampilan visual pada layar terlihat lebih hidup dan vibrant. Untuk menampilkan iklan atau informasi publik ke audiens dengan baik maka membutuhkan sekirannya minimal 5.000 nits sampai 10.000. 

Konsumsi Daya


Mengingat pemasangan videotron berada di luar ruangan, maka tak dipungkiri membutuhkan membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Secara umum, rata-rata konsumsi dayanya berkisar 300 hingga 800 watt/m2.  Namun, hal tersebut bisa di efisiensi dengan menggunakan teknologi LED. 

Sudut Pandang


Elemen selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah sudut pandang. Ia berperan penting supaya informasi atau pesan yang dimuat dalam layar terlihat jelas dari berbagai posisi. Sudut pandang vertikal dan horizontal yang ideal adalah sekitar 120 derajat. Hal ini bertujuan untuk memastikan tampilan visual terlihat seimbang dari semua arah.

Ukuran Videotron Outdoor


Meskipun spesifikasi media visual sudah terpenuhi dengan baik, namun jika tidak mempertimbangkan pemasangan dan tujuan penggunaan maka pesan atau informasi tidak tersampaikan dengan baik. Berikut ada beberapa pertimbangan mengenai ukuran videotron outdoor yang ideal.

Lokasi Pemasangan

Lokasi pemasangan adalah hal yang harus diperhatikan pertama kali. Secara umum, videotron dapat ditemukan di berbagai fasilitas, seperti:

1. Jalan Raya

Pemasangan-LED-Videotron-Outdoor-di-Jalan-Raya

LED videotron outdoor yang terpasang di sepanjang jalan raya, rata-rata mempunyai dimensi 6x3 meter hingga 12x6 meter. Dengan dimensi sebesar itu, memungkinkan pejalan kaki dan pengendara melihat dan memahami pesan yang ditampilkan oleh layar dengan jelas. 

2. Fasad Bangunan

Ada banyak cara mempromosikan sesuatu, salah satunya adalah pemasangan videotron pada fasad bangunan. Pemasangannya pun berbeda dengan videotron yang ada di jalan raya. Videotron yang dipakai biasanya berukuran 5x3 meter, namun pemilihan dimensi tergantung pada dimensi bangunan itu sendiri.

3. Stadion dan Arena

LED-Videotron-di-Stadion


Tak dipungkiri, LED videotron outdoor juga memungkinkan dipasang di area stadion atau lapangan terbuka. Secara umum, ukurannya bisa mencapai 20x10 meter lebih besar daripada ukuran biasanya.

Baca Juga: Jual & Sewa LED Videotron Hingga Sound System Berkualitas di Surabaya, Ini tempatnya!

Itulah pembahasan lengkap mengenai LED videotron outdoor. Dengan memahami penjelasan di atas dengan baik maka Anda bisa memilih videotron yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Anda juga bisa menekan biaya operasional dengan bijak tanpa mengurangi kualitas pesan visual yang ingin disampaikan ke audiens.

Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu bingung menentukan spesifikasi videotron yang tepat. Pasalnya kami, Duta Raya Makmur selaku penyedia jasa penyewaan dan pengadaan media audiovisual memberikan pelayanan jasa terbaik untuk kelancaran acara Anda. 

Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang creative audio visual technology solution yang berkomitmen penuh terhadap kepuasan pelanggan. Kami pastikan bahwa produk yang kami sewakan dan adakan memberikan pengalaman terbaik terhadap kelancaran Acara Anda. 

Jadikan Duta Raya Makmur sebagai penyedia jasa penyewaan media audiovisual tepercaya! Kami bersenang hati menyambut kerjasama dan peluang-peluang baik Anda di masa depan bersama kami.

 

Share This Article
Contact Us Contact Us Whatsapp Us