Search
Back Back to Blog

Cara Menghitung Watt Power Amplifier Dengan Mudah di Sini!

02 September 2024
Cara Menghitung Watt Power Amplifier Dengan Mudah di Sini!

Secara teknis, pengatur audio sedikit banyak harus menyiapkan sistem audio yang mumpuni. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan output audio yang berkualitas. Oleh sebab itu, pengatur audio harus mengetahui daya watt amplifier yang harus disalurkan ke driver speaker. Nah, cara yang bisa dilakukan adalah memahami cara menghitung watt power amplifier dengan benar.

Cara Menghitung Watt Power Amplifier Untuk Sistem Stereo


Cara menghitung watt power amplifier terbilang mudah. Prinsipnya adalah pastikan daya watt antara speaker dan power amplifier adalah tidak terlalu besar perbedaannya. 

Rumus Dasar

P= (VRM2)R / P= (VPeak2)2R

V Peak =  Power Supply

Keterangan : 

P = Daya listrik (watt)

V = Tegangan listrik (volt)

M = Massa 

R = Hambatan Listrik (ohm)

Baca Juga : Amplifier adalah Pengatur Karakteristik Suara yang Memiliki Peran Penting! 

Contoh Perhitungan Watt Power Amplifier Untuk Sistem Stereo


Supaya lebih mudah untuk memahaminya, berikut terdapat beberapa contoh soal untuk menghitung besar power amplifier untuk sistem stereo.

Contoh 1


Sebuah amplifier yang disuplai dengan tegangan 0 dan 12V, memiliki maksimum peak 6V (+12V, 0, -12V dengan maksimum peak 12). Berapakah daya listrik maksimalnya apabila speaker yang dipakai sebesar 8 ohm?

P= (VPeak2)2R

P= (6)22 x 8

P= 2,25 watt

Contoh 2


Sebuah amplifier yang disuplai dengan tegangan 0 dan 12V, memiliki maksimum peak 6V (+12V, 0, -12V dengan maksimum peak 12). Berapakah daya listrik maksimalnya apabila speaker yang dipakai sebesar 4 ohm?

P= (VPeak2)2R

P= (6)22 x 4

P= 4,5 watt

Baca Juga : Simak Perbedaan Treble dan Bass di Sini. Lengkap!

Rekomendasi Amplifier Untuk Keperluan Bermusik


Mendapatkan pengalaman terbaik dalam bermusik tidak hanya mengandalkan perangkat speaker maupun mikrofon saja. Namun, amplifier yang disediakan harus memiliki spesifikasi yang mumpuni supaya output suara yang keluar berkualitas.

Nah, adapun beberapa rekomendasi amplifier untuk keperluan bermusik yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Bose PowerShareX PSX4804D Adaptable Power Amplifier


Mencari amplifier dengan performa yang tangguh dan berkelas? Bose PowerShareX PSX4804D adalah pilihan yang tepat! Amplifier pintar yang dirancang melalui proses RnD (Research and Development) yang mutakhir ini layak Anda pilih karena fitur-fiturnya yang patut diacungi jempol.

Adapun fitur PowerShareX seperti teknologi pembagian daya yang terbilang dinamis karena menyalurkan daya secara merata di seluruh output tanpa kehilangan jumlah saluran saat memberikan suplai listrik pada perangkat speaker. 

Selain itu, desain controlspace dan sistem integrasinya yang unggul mampu memberikan performa perlindungan dan visibilitas pada amplifier tersebut. Selain itu, fitur keluaran (output) yang fleksibel mampu menangani beban speaker dengan impedansi rendah maupun tinggi. 

Crown XTi 6002 Power Amplifier 


Amplifier merk Crown XTi menghadirkan keunggulan berupa dua saluran dengan output daya sebesar 2100 W pada 4 ohm. Amplifier pintar series XTi terkenal dengan fitur yang inovatif dan powerful yang didesain untuk penggunaan profesional.

Amplifier ini juga menunjang kekuatan dan kejernihan suara dalam berbagai aplikasi audio. Selain itu, amplifier ini bisa menggerakkan sistem speaker dengan baik sehingga suara yang dihasilkan bisa mengisi ruangan dengan sempurna.

Apabila Anda ingin mendapatkan amplifier profesional dengan harga yang kompetitif? Memilih Crown adalah keputusan yang tepat!

Baca Juga : Catat! 5 Merk Amplifier Terbaik Untuk Produksi Suara Maksimal

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghitung watt amplifier. Mudah dipahami, bukan? Adapun rekomendasi amplifier di atas bisa Anda dapatkan dengan mudah bersama Duta Raya Makmur.

Duta Raya Makmur sebagai perusahaan pengadaan dan persewaan audio visual yang telah lama melayani pelanggan dengan suka cita hadir untuk mendukung keberhasilan acara Anda. 

Sebagai authorized dealer, kami berkomitmen penuh terhadap kepuasan pelanggan dengan menyediakan berbagai merk audio visual ternama dan tepercaya.

Jadi, tunggu apalagi? Jadikan Duta Raya Makmur sebagai partner kerjasama terbaik di masa sekarang dan mendatang. 

Share This Article
Contact Us Contact Us Whatsapp Us