Search
Back Back to Blog

Spesifikasi LED Videotron yang Harus Anda Perhatikan

04 September 2024
Spesifikasi LED Videotron yang Harus Anda Perhatikan

Bagi masyarakat awam, membeli barang elektronik adalah hal yang berisiko apabila tidak memahami produknya dengan baik. Salah satu perangkat visual yang paling dicari adalah LED Videotron. Tentu saja, untuk membelinya, dibutuhkan pengetahuan tentang spesifikasi LED Videotron yang mumpuni. 

Nah, apa saja spesifikasi LED Videotron yang perlu Anda ketahui? Simak penjelasannya berikut ini!

Spesifikasi LED Videotron


Supaya Anda lebih paham tentang produk LED videotron, adapun spesifikasi LED videotron yang perlu Anda ketahui, antara lain:

Pitch


Dalam dunia LED Videotron, pitch merupakan satuan ukuran untuk menentukan tipe LED dengan jarak antara satu lampu ke lampu berikutnya. Jadi, apabila terdapat LED videotron P.8 atau P.10 berarti ia memiliki jarak yang berturut-turut pada masing-masing lampu yaitu 8 mm dan 10 mm. Hal ini menentukan jarak ideal dalam melihat LED videotron tersebut.

Pada umumnya 1 pitch akan mempengaruhi jarak ideal sejauh 1 meter, dengan begitu dapat disimpulkan jika kita memilih LED dengan pitch 4 mm, berarti jarak ideal melihatnya adalah 4 meter.

Grayscale


Grayscale atau skala abu-abu merupakan corak warna yang memiliki warna tingkat keabuan. Ia juga disebut sebagai nuansa monokromatik dari hitam ke putih. Suatu gambar bisa menghasilkan skala warna abu-abu karena memiliki intensitas cahaya. Rata-rata tingkat grayscale untuk LED videotron yang baik adalah 14-16 bit.

Jika Grayscale LED Videotron terlalu rendah, akan mengakibatkan visualnya terlalu keabu-abuan atau terlihat seakan LED tersebut berkabut. Hal ini akan menurunkan kualitas visual anda.

Brightness (Kecerahan)


Brightness merupakan kekuatan cahaya yang dipancarkan dari LED videotron. Brightness akan mempengaruhi seberapa cerah suatu gambar dapat ditampilkan, atau seberapa tinggi level kecerahan LED Videotron. Satuan dari brightness itu sendiri adalah nits. LED videotron outdoor membutuhkan tingkat kecerahan tinggi yaitu sekitar 6000-8000 nits. 

Dengan tingkat kecerahan seperti itu, gambar atau konten yang ditampilkan di LED Videotron outdoor bisa terlihat jelas walaupun berada di bawah sinar matahari. Sementara itu, dalam penggunaan indoor setidaknya membutuhkan kecerahan antara 1500-2000 nits.

Baca Juga : Rekomendasi LED Videotron Indoor Untuk Kegiatan Promosi

Contrast


Spesifikasi LED videotron selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kontras warna. Elemen ini mengacu pada perbedaan warna satu dengan yang lain, sehingga mempengaruhi kedalaman warna dari tampilan LED Videotron. Dengan pemilihan kontras yang baik, warna yang ditampilkan akan semakin beragam dan memiliki kedalaman warna tinggi.  

Refresh Rate


Refresh rate merupakan frekuensi layar per detik dalam membuat gambar baru. Spesifikasi ini diukur dalam satuan Hertz (Hz). Sebagai contohnya, apabila layar tersebut mempunyai refresh rate sebesar 144 Hz, maka ia mampu me-refresh gambar sebanyak 144 kali per detik.

Semakin tinggi nilai refresh rate, maka gambar atau konten yang ditampilkan akan terlihat menarik dan lebih dinamis.

Lifetime (Durasi Ketahanan)


Spesifikasi LED videotron selanjutnya adalah lifetime atau umur penggunaan.  Videotron yang mumpuni rata-rata memiliki umur yang lebih panjang yaitu kurang lebih 3 tahun. LED Videotron hasil instalasi Duta Raya Makmur sendiri memiliki umur penggunaan yang tinggi, yaitu 5 tahun. Terbukti dari instalasi di Hartono Elektronika Surabaya Timur yang telah beroperasi selama lebih dari 5 tahun.

Color Temperature


Color temperature atau suhu warna merupakan skala untuk mengatur hangat (kuning) dan dingin (biru) cahaya dari bola lampu.

Baca Juga : Cara Memasang LED Videotron, Pengaturan & Pemeliharaannya

IP Rate (Ingress Protection)


IP rate atau Ingress protection merupakan fitur yang harus dimiliki oleh LED videotron. Pasalnya, fitur ini berfungsi untuk melindungi layar dari gangguan luar seperti debu dan hujan. Apalagi jika penggunaannya di luar ruangan, maka pastikan layar digital memiliki nilai IP rate yang tinggi.

Power Consumption


Spesifikasi LED videotron terakhir adalah power consumption. Power consumption merupakan jumlah total daya listrik untuk menyalakan sebuah panel LED. Sebagai informasi, videotron indoor P3.9 membutuhkan daya listrik sebesar 500 W/m2.

Apabila panel LED yang digunakan adalah P10, maka input daya listrik adalah sebesar 645W/m2. 

Demikianlah pembahasan mengenai spesifikasi LED videotron. Anda jadi semakin paham bagaimana memilihnya dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Kabar baiknya Anda bisa mendapatkan LED videotron dengan mudah bersama Duta Raya Makmur.

Baca Juga : Lagi Ngetrend! Ber-iklan dengan LED Videotron, Simak Pengertian hingga Tipenya

Dapatkan Segera di Duta Raya Makmur!


Nah, kabar baiknya apabila Anda membutuhkan media untuk melakukan DOOH advertising atau periklanan dalam ruangan, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di Duta Raya Makmur. Kami menyediakan LED Videotron dengan berbagai brand (multibrand), pitch, dan tipe.

Duta Raya Makmur menyediakan layanan survey, demo, mockup, dan konsultasi untuk menunjang kenyamanan produk selama penggunaan. Pasalnya, kami sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam memberikan solusi audio dan visual.

Selain itu, kami berkomitmen penuh untuk memberikan pelayanan aftersales seperti maintenance dan perawatan untuk menjaga produk hasil implementasi. Mari, jadikan Duta Raya Makmur sebagai partner kerjasama terbaik di masa sekarang dan mendatang.

Share This Article
Contact Us Contact Us Whatsapp Us